Berita

PENGHARGAAN PRESIDEN RI KEPADA KANTAH JAKARTA BARAT

27 March 2011 | 21:02 - Kantor Pertanahan Kota Administratif Jakarta Barat  

Kantor Pertanahan Kota Administratif Jakarta Barat

  EMAIL     PRINT


PENGHARGAAN PRESIDEN RI KEPADA KANTAH JAKARTA BARAT
PENGHARGAAN PRESIDEN RI KEPADA
KANTOR PERTANAHAN JAKARTA BARAT
 
Masih di Bidang pertanahan, dari Jakarta Barat yang juga melakukan penataan sistem loket (full computerized) untuk mempercepat proses pelayanan dan pembangunan data base, serta memberi kenyamanan pada saat menunggu. Meja Informasi yang jelas dan nyaman (pra pendaftaran).
Tersedia TV Plasma yang menampilkan informasi sertipikat selesai melalui LCD. Pengecekan sertipikat (on line front office dan back office) yang bermanfaat untuk mempercepat penyediaan buku tanah, aliran berkas di Front Office untuk memastikan aliran berkas yang sudah lengkap dan siap diproses serta memudahkan masyarakat dalam mengurus sertipikat. Sistem antrian di loket dengan Q-MATIC yang bermanfaat agar antrian menjadi tertib dan lancar sehingga masyarakat lebih terlayani. Tersedia loket pengaduan pelayanan, agar masyarakat bisa mengetahui berkas yang diproses ada dimana dan perkiraan kapan selesainya yang dilaksanakan dengan bantuan computer khusus, bisa juga melalui SMS selama 24 Jam.
Aliran berkas permohonan di Back Office (mengikuti aliran LOC), yaitu memastikan bahwa berkas-berkas mengalir seperti ban berjalan dan setiap tahap pekerjaan harus di CLICK. Dengan menetapkan job description setiap pegawai. Pelaksanaannya dengan menetapkan nama-nama penanggung jawab pekerjaan. Pembentukan “Sekretariat Bersama”, yaitu untuk memastikan proses pengakuan hak lebih cepat dan “Map tidak keriting” lagi. Sekretariat ini berkumpul Panitia A, Petugas Administrasi dan Petugas Ukur. Petugas Ukur langsung ditunjuk di loket.
Pendaftaran sertipikat “On Line Mobile”, yaitu untuk lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat sebagai salah satu program LARASITA, pelayanan sertipikat dengan jemput bola di kelurahan-kelurahan serta pelaksanaan pendaftaran secara on-line computerized. Untuk peningkatan hak, larasita dapat selesai sehari, sehingga Kantah Jakarta Barat masuk catatan rekor MURI.
Digitalisasi warkah/buku tanah, yaitu mengamankan arsip warkah dan buku tanah yang selama ini berbentuk hard copy menjadi soft copy. Dilaksanakan secara bertahap dengan scaning setiap lembar arsip. Cek Plot Peta, yaitu untuk mengetahui status hukum bidang tanah sebelum dilakukan pengukuran. Hal Ini merupakan metoda untuk meminimalisir sertipikat double/ganda.
Dengan berbagai inovasi pelayanan, maka Kantor Pertanahan Jakarta Barat mengalami peningkatan kontribusi ke kas Negara, yaitu untuk pajak Bea Perolehan Hak Tanah dan Bangunan (BPHTB) selama tahun 2008 sebesar Rp 196 Miliar, sedangkan Uang Pemasukan ke Kas Negara selama tahun 2008 sebesar Rp 29,5 triliun.

Majalah Layanan Publik Edisi XXXV Tahun VI 2010