Berita

PENYULUHAN PROGRAM LARASITA DI KECAMATAN PEMAYUNG, KABUPATEN BATANG HARI

7 April 2010 | 22:16 - Kantor Pertanahan Kabupaten Batanghari  -  Liputan BPN Batang Hari

Kantor Pertanahan Kabupaten Batanghari

  EMAIL     PRINT


PENYULUHAN PROGRAM LARASITA  DI KECAMATAN PEMAYUNG,  KABUPATEN BATANG HARI

Pada hari Senin tanggal 05 April 2010 bertempat di aula Kantor Camat Pemayung, telah diadakan sosialisasi program Larasita Kantor Pertanahan Kabupaten Batang Hari. Acara tersebut langsung disosialisasikan oleh Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Batang Hari, Bpk. H. Hasmi Hanafie, SH, MM, yang dihadiri oleh para Kasi dan staff Kantor Pertanahan Kabupaten Batang Hari, Camat Pemayung, beserta staff nya juga dihadiri oleh Kepala Desa/Lurah, perangkat desa, BPD (Badan Perwakilan Desa) dan perangkatnya serta tokoh masyarakat di wilayah Kecamatan Pemayung ±  36 orang.

 Kepala Kantor Pertanahan dalam acara sosialisasi tersebut menjelaskan : pengertian Larasita itu sendiri, latar belakang, dasar hukum, fungsi, tujuan, manfaat, sasaran dan persyaratan untuk mendapatkan pelayanan Larasita dengan maksud untuk lebih memberikan kepastian kepada masyarakat, bahwa Badan Pertanahan Nasional ingin mempermudah untuk pembuatan sertipikat. Larasita merupakan solusi terbaik bagi masyarakat terutama masyarakat di daerah-daerah yang sulit terjangkau. Selain itu, dengan adanya Larasita, diharapkan masyarakat dapat mengetahui seperti apa dan bagaimana sebenarnya prosedur pembuatan sebuah sertipikat sehingga dapat membagun kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan Kantor Pertanahan (trust building).

 Didalam sambutannya, Kepala Kantor Pertanahan juga mengajak perangkat desa untuk lebih peduli terhadap pengurusan surat-surat yang diperlukan masyarakat dalam pembuatan sertipikat sehingga tidak ada masalah dikemudian hari. Kepala Kantor juga mengingatkan tentang pembuatan Sporadik, yang menjadi dasar penguasaan pemilikan tanah oleh masyarakat. Sehingga tidak menimbulkan masalah mengenai sengketa batas dan kepemilikan tanah.

 Pada akhir acara sosialisasi tersebut, Kepala Kantor Pertanahan meminta bantuan Kepala Desa/Lurah dan tokoh masyarakat untuk mengajak masyarakatnya mengurus langsung pembuatan sertipikatnya melalui Larasita. Dengan demikian, masyarakat tidak perlu melalui jasa makelar ato calo tanah yang menawarkan janji mempermudah urusan dengan biaya yang sangat tinggi. Larasita juga membuat kinerja BPN menjadi lebih transparan, lebih mudah dan lebih murah. Karena BPN yang langsung mendatangi masyarakat, bukan masyarakat yang mendatangi Kantor Pertanahan.


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

pada dasarnya ada dua model penyuluhan yang bisa diterapkan yaitu Model Penyuluhan Perangkat, yang biasa ditemui di Kantor Pertanahan dan Model Penyuluhan Kunjungan langsung, yaitu Petugas BPN langsung mengunjungi masyarakat dengan Larasita-nya.


 Foto Terkait