Berita

200 Bidang Tanah Di Desa Sukawera Akan Disertipikatkan Melalui Program Prona

18 March 2013 | 18:20 - Kantor Pertanahan Kabupaten Indramayu  -  Liputan mazboed@032013

Kantor Pertanahan Kabupaten Indramayu

  EMAIL     PRINT


<a href="http://slideful.com/v20130324_2228402444114266_pf.htm">View the slide show</a>Warga masyarakat Desa Sukawera Kecamatan Kertasemaya Kabupaten Indramayu yang sebagian besar mata pencahariannya sebagai petani dan wiraswasta merasa bersyukur dengan adanya alokasi Program Sertipikasi Tanah Prona untuk wilayahnya. Pada Tahun Anggaran 2013 ini Desa Sukawera mendapatkan alokasi jatah sertipikasi Tanah sebanyak 200 Bidang Tanah. Dalam rangka mengawali pelaksanaan Program Sertipikasi Tanah Prona di Desa Sukawera ini, tepatnya pada Hari Senin Tanggal 18 Maret 2013 telah dilaksanakan Penyuluhan Pra-Sertipikasi yang dipimpin langsung oleh Ir. Budi Purwanto (Kasi-IV) selaku Tim-Penyuluh dan Koordinator Larasita Kantor Pertanahan Kabupaten Indramayu. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Balai Desa Sukawera Kecamatan Kertasemaya Kabupaten Indramayu.

Penyelenggaraan acara penyuluhan Pra-sertipikasi ini dimulai tepat pada pukul 09.00 WIB, sesi-pertama disampaikan langsung oleh Ir. Budi Purwanto (Kasi-IV) penjelasan penjelasan mengenai maksud dan tujuan Program Sertipikasi Tanah Prona yang akan dilaksanakan di Desa Sukawera Kecamatan Kertasemaya ini. Dalam kesempatan itu juga disampaikan mengenai hak dan kewajiban yang harus dipenuhi oleh para warga masyarakat selaku peserta program, serta tata cara mengenai Pendaftaran Tanah Pertama Kali berikut syarat-syarat yang harus dipersiapkan oleh para peserta Program, sebagaimana yang telah diatur dalam ketentuan PP. Nomor 24 Tahun 1997 Jo. PMNA/KBPN Nomor 03 Tahun 1997, begitu juga dijelaskan tentang pentingnya Sertipikat Hak Atas Tanah. Dengan serius dan semangat Ir. Budi Purwanto menyampaikan materi penyuluhan tersebut secara tahap demi tahap disampaikan dengan bahasa masyarakat sehingga mudah untuk dipahami oleh masyarakat.

Kemudian dilanjutkan sesi-kedua materi disampaikan oleh Edi Suherman (Satgas Yuridis) mengenai syarat-syarat kelengkapan berkas permohonan dan tata cara pengisian formulir-formulir pendaftaran tanah yang nantinya akan diterima oleh para warga masyarakat Desa Sukawera untuk diisi dan ditandatangani. Dengan sangat sabar semua disampaikan dan dijelaskan satu persatu tahapan per tahapan.

Sesi-ketiga adalah sesi tanya-jawab, bisa dilihat keseriusan para warga masyarakat selaku peserta program dalam hal mengikuti penyuluhan ini yaitu pada saat diadakan sesi tanya jawab, banyak sekali terlontar dari masyarakat pertanyaan-pertanyaan mengenai seputaran pertanahan dan sertipikasi serta mengenai peraturan perturan pertanahan yang baru saja disampaikan. Dengan penuh perhatian dan keseriusan walaupun saat itu suhu di ruang Balai Desa yang terletak tidak jauh dari jalan raya Cirebon-Indramayu sangat panas sekali, warga masyarakat Desa Sukawera Kecamatan Kertasemaya mendengarkan semua penjelasan yang disampaikan oleh para penyuluh Program Sertipikasi Tanah Prona Kantor Pertanahan Kabupaten Indramayu.

Hadir dalam acara Penyuluhan Pra-sertipikasi Prona ini Kepala Desa Sukawera beserta aparatnya, Ketua dan Anggota Pokmasdartibnah, para tokoh masyarakat serta Para warga masyarakat selaku peserta program ini, begitu juga hadir Tim-Larasita. Acara berlangsung dengan lancar, tertib dan berakhir tepat pada pukul 12.30 WIB.