Berita

Peran Larasita Paska-Sertipikasi Prona Di Desa Kertawinangun Kecamatan Kandanghaur

27 December 2012 | 20:30 - Kantor Pertanahan Kabupaten Indramayu  -  Liputan mazboed@122012

Kantor Pertanahan Kabupaten Indramayu

  EMAIL     PRINT


Dengan menempuh waktu perjalanan selama kurang lebih 1,5 jam dari Ibukota Kabupaten yaitu Kota Indramayu dan menyusuri sepanjang jalan pantura yang berliku-liku akhirnya sampai juga, tepat pada pukul 11.00 WIB hari Kamis tanggal 27 Desember 2012 Tim-Larasita bersama Mobilnya di bawah komando Ir. Budi Purwanto tiba di Balai Desa Kertawinangun Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu. Tugas Tim-Larasita kali ini adalah Penyuluhan Paska-Sertipikasi dan Penyerahan Produk berupa Sertipikat Hak Atas Tanah dari hasil Proyek Operasi Nasional Agraria (Prona) Tahun Anggaran 2012.

Merupakan saat yang dinanti-nanti dan ditunggu-tunggu oleh warga masyarakat peserta Prona Desa Kertawinangun Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu, dengan sabar warga masyarakat menunggu kedatangannya Tim-Larasita bersama mobilnya di halaman Balai Desa Kertawinangun Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu. Kali ini merupakan ke dua kalinya Tim-Larasita bercokol di Balai Desa Kertawinangun ini, sejak tujuh bulan yang lalu yaitu saat kedatangan pertama kalinya untuk menerima berkas pendaftaran tanah pertamakali melalui Prona.

Tepatnya pukul 11.10 WIB pada hari Kamis tanggal 27 Desember 2012 bertempat di Balai Desa Kertawinangun Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu acara penyuluhan paska-sertipikasi ini dimulai. Dengan penuh semangat Koordinator Tim-Larasita Kantor Pertanahan Kabupaten Indramayu Ir. Budi Purwanto mengawali penyuluhan kali ini. Penjelasan-penjelasan dan himbauan kepada masyarakat terhadap aset-tanah milik warga masyarakat yang sekarang sudah bersertipikat terlontar semua dari kata-kata beliau dalam acara ini. Selain itu juga disampaikan juga mengenai program-program strategis pertanahan, peraturan-peraturan pertanahan yang terkait dengan pendaftaran tanah dengan bahasa masyarakat sehingga mudah untuk dipahami oleh para warga masyarakat setempat. Dengan penuh perhatian walaupun saat itu cuaca panas sekali warga masyarakat selaku peserta Prona Desa Kertawinangun Kecamatan Kandanghaur mendengarkan semua wejangan-wejangan dan himbauan yang disampaikan oleh sang Koordinator Tim-Larasita Kantor Pertanahan Kabupaten Indramayu. Terbukti keseriusan dari masyarakat dalam hal mendengarkan penyuluhan ini yaitu pada saat diadakan sesi tanya jawab, banyak sekali terlontar dari masyarakat pertanyaan-pertanyaan mengenai seputaran permasalahan pertanahan dan sertipikasi tanah serta mengenai peraturan-perturan pertanahan yang baru saja disampaikan.

Acara berlangsung meriah, lancar dan berkahir tepat pada pukul 13.00 WIB kemudian dilanjutkan dengan acara penyerahan hasil produk berupa sertipikat hak atas tanah.