Berita

Program Pemberdayaan Kelompok Nelayan Desa Eretan Wetan Dan Desa Eretan Kulon

27 March 2013 | 18:30 - Kantor Pertanahan Kabupaten Indramayu  -  Liputan mazboed@032013

Kantor Pertanahan Kabupaten Indramayu

  EMAIL     PRINT


<a href="http://slideful.com/v20130328_0029543817125902_pf.htm">View the slide show</a>Dalam rangka melaksanakan Program Pemberdayaan Nelayan Dan Usaha Penangkapan Ikan Skala Kecil Tahun Anggaran 2013, Kantor Pertanahan Kabupaten Indramayu telah melaksanakan Penyuluhan Pra-Sertipikasi untuk kelompok nelayan Desa Eretan Kulon dan Desa Eretan Wetan Kecamatan Kandanghaur. Penyuluhan Pra-Sertipikasi kali ini diselenggarakan di Gedung Balai Desa Eretan Kulon pada hari Rabu tanggal 27 Maret 2013 yang dipimpin langsung oleh Ir. Budi Purwanto selaku Koordinator Program merangkap juga Koordinator Larasita. Pada Tahun Anggaran 2013 Desa Eretan Kulon memperoleh jatah sertipikasi Tanah Nelayan sebanyak 50 bidang tanah dan Desa Eretan Wetan sebanyak 30 bidang tanah, hal ini merupakan yang pertamakalinya.

Dengan mengambil tempat di Gedung Balai Desa Eretan Kulon Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu, acara penyuluhan Pra-sertipikasi ini dimulai tepat pada pukul 10.30 WIB dan acara dipimpin langsung oleh Ir. Budi Purwanto selaku Tim-Penyuluh Kegiatan Sertipikasi Tanah Nelayan.

Hadir dalam acara Penyuluhan Pra-sertipikasi ini Pokja Lintas Sektor Kabupaten Indramayu yang diwakili oleh Drs. Hendra Gumilar (Kasubsi Pengendalian) selaku anggota Sekretariat Pokja Lintas Sektor Kabupaten Indramayu, Daddi Kusnadi AMd. selaku wakil dari Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Indramayu, D.Amin, SPd.SIP. Kuwu atau Kepala Desa Eretan Kulon beserta aparatnya, para tokoh masyarakat serta warga masyarakat Kelompok Nelayan selaku peserta program ini, begitu juga hadir Tim-Larasita Kantor Pertanahan Kabupaten Indramayu.

Penuh semangat Tim-Penyuluh Kegiatan Sertipikasi Tanah Nelayan Kantor Pertanahan Kabupaten Indramayu ini memberikan Pengarahan dan penjelasan mengenai maksud dan tujuan program yang akan dilaksanakan di Desa Eretan Kulon dan Desa Eretan Wetan ini kepada warga masyarakat Kelompok Nelayan, terlontar semua dari kata-kata beliau dalam acara ini. Selain itu disampaikan juga mengenai hak dan kewajiban yang harus dipenuhi oleh para warga masyarakat Kelompok Nelayan selaku peserta program, serta tata cara mengenai Pendaftaran Tanah Pertama Kali berikut syarat-syarat yang harus dipersiapkan oleh para peserta Program, sebagaimana yang telah diatur dalam ketentuan PP. Nomor 24 Tahun 1997 Jo. PMNA/KBPN Nomor 03 Tahun 1997, begitu juga dijelaskan ikhwal pentingnya Sertipikat Hak Atas Tanah yang disampaikan dengan bahasa masyarakat sehingga mudah untuk dipahami masyarakat.

Dengan sangat antusias walaupun saat itu cuaca panas sekali warga masyarakat kedua desa itu mendengarkan semua penjelasan dan pengarahan yang disampaikan oleh Tim-Penyuluh Program Sertipikasi Tanah Nelayan Kantor Pertanahan Kabupaten Indramayu.

Keseriusan mereka terlihat dalam hal mengikuti penyuluhan pra-sertipikasi ini yaitu pada saat diadakan sesi tanya jawab, banyak sekali pertanyaan-pertanyaan mengenai pertanahan dan sertipikasi serta mengenai peraturan-perturan pertanahan yang baru saja disampaikan. Acara berlangsung tertib, lancar dan berakhir tepat pada pukul 13.30 WIB.