Berita

Koordinasi Proses Pengukuhan Hutan Lindung Gunung Geulis

26 January 2011 | 14:16 - Kantor Pertanahan Kabupaten Sumedang  -  Liputan Kantah Kabupaten Sumedang

Kantor Pertanahan Kabupaten Sumedang

  EMAIL     PRINT


Koordinasi Proses Pengukuhan Hutan Lindung Gunung Geulis

Pada Hari Rabu tanggal 26-1-2011, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Sumedang (Bapak Ir. Esti Prajok, M.Si) selaku anggota panitia Tata Batas kawasan Hutan didampingi oleh Kepala Seksi Survey Pengukuran dan Pemetaan (Ir. Pepen Supendi) dan kepala Seksi Pengaturan Penataan Pertanahan (Bapak Dady Triyadi, SH),  telah melakukan koordinasi dengan Panitia Tata Batas Kawasan Hutan Lindung dalam rangka proses pengukuhan kawasan Hutan Lindung Gunung Geulis di Kabupaten Sumedang, di dalam kegiatan tersebut selain mengadakan penelitian fisik, data yuridis juga memadukan peta BPN dengan Peta Hasil Tata Batas kawasan Hutan Lindung yang dibuat oleh Perum Perhutani Unit III Jawa Barat Banten.

Bahwa Penetapan Hutan Lindung Gunung Geulis, berdasakan pada SK. Gub. No.413.21/SK.2318 Binprod/1991 tentang penetapan lokasi dan peruntukan kawasan Gunung Geulis Kabupaten Sumedang sebagai kawasan Hutan Negara, yang ditindaklanjuti dengan SK MenHut No.186/MenHut. II/2005 tanggal 4 Juli 2005 tentang penunjukan tanah konpensasi seluas 344,162 Ha yang terdiri dari, seluas 388,052 Ha terletak di Kecamatan Tanjungsari, Kecamatan Cimanggung dan Cikeruh,

dan seluas 56,110 Ha di Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat sebagai kawasan Hutan dengan Fungsi Hutan Lindung.

Bahwa berdasarkan perpaduan data administrasi baik peta maupun yuridis, di sebagian Wilayah Hutan Lindung Gunung Geulis yaitu desa Cikahuripan Kecamatan Cimanggung, terdapat  sertipikat tanah yang berbatasan langsung dengan Kawasan hutan Lindung (Pal B70/H70 s/d Pal B.102/H 102).

Panitia Tata Batas Hutan Lindung Gunung Geulis Kabupaten Sumedang berharap dengan adanya pengukuhan Kawasan Hutan Lindung Gunung Geulis dapat memberikan dampak Positive untuk Kabupaten Sumedang khususnya dan Provinsi Jawa Barat pada umumnya.