Berita

SOSIALISASI TENTANG PERALIHAN HAK ATAS TANAH KEPADA INSTANSI DAN PENYELESAIAN SENGKETA TANAH ASET PO

20 February 2012 | 12:33 - Kantor Pertanahan Kota Tasikmalaya  -  Liputan Kantah Kota Tasikmalaya

Kantor Pertanahan Kota Tasikmalaya

  EMAIL     PRINT


SOSIALISASI TENTANG PERALIHAN HAK ATAS TANAH KEPADA INSTANSI DAN PENYELESAIAN SENGKETA TANAH ASET PO

Senin tanggal 10 Oktober 2011 jam 11.00 WIB bertempat di Aula Mapolres Tasikmalaya Kota diadakan sosialisasi peraturan tentang peralihan hak atas tanah dan penyelesaian sengketa tanah aset POLRI, di buka oleh Wakapolresta Tasikmalaya Kota Kompol. BUDI S yang dihadiri para Kabag, Kasubag, Kasat, Kapolsek serta perwira Polres Tasikmalaya Kota.

Dalam inti sambutannya Kapolres Tasikmalaya Kota yang dibacakan Wakapolres bahwa dalam era otonomi daerah banyak terjadi pemekaran wilayah yang berimbas kepada kehadiran Mapolsek sehingga diperlukan adanya tanah, dilain pihak banyak Mapolsek yang status tanahnya yang berasal dari hibah, pinjam pakai tanah Pemerintah daerah dan Desa, sebagai narasumber dari kantor Pertanahan :

1.     M. EKA DIANA, SH, S.Sos, MH, Kepala Seksi Sengketa, Perkara dan Konflik Kantor Pertanahan Kota Tasikmalaya.

2.      AGUS SUHARTO, A.Ptnh, Kepala Sub Seksi Pengaturan Tanah Pemerintah kantor Pertanahan Kota Tasikmalaya

3.      DINDIN SYARIPUDIN, SH, Kepala Sub Seksi Perkara Pertanahan kantor Pertanahan Kota Tasikmalaya.

Dalam paparannya Kepala Seksi SKP memaparkan MoU Kapolri dan Kepala BPN RI tahun 2011 tentang pensertipikatan aset tanah-tanah POLRI di wilayah kota Tasikmalaya serta sengketa dan perkara yang ditangani oleh Kantor Pertanahan. Kasubsi PTP memaparkan tentang pengadaan tanah instansi Pemerintah, prosedur atau mekanisme peralihan hak atas tanah kepada instansi Pemerintah berikut syarat-syarat dan tata cara permohonan haknya, selain itu dipaparkan juga masalah pengertian tanah Negara, hak-hak atas tanah yang diatur dalam UUPA serta klasifikasi tanah Negara. Kasubsi Perkara Pertanahan memaparkan masalah gugatan perkara tanah aset yang digunakan Mapolsek Cihideung yang saat ini masih proses banding. Setelah acara pemaparan tersebut dilanjutkan dengan acara tanya jawab dan ditutup oleh Wakapolres Tasikmalaya Kota.