Jawa Timur

Silakan pilih Kantor BPN di propinsi Jawa Timur

Berita Terkini

31 October 2014 | 14:34 - Kantor Pertanahan Kabupaten Ponorogo
Penyerahan 22 Serti[pikat PT KAI Kab.Ponorogo & Kab.Kediri
Penyerahan 22 Serti[pikat PT KAI Kab.Ponorogo & Kab.Kediri
Bertempat di Aula PT KAI Daop 7 Madiun, Selasa, 28 Oktober 2014 Kepala Kanwil BPN Propinsi Jawa Timur menyerahkan 22 sertipikat hasil legalisasi asset PT KAI Daop 7 Madiun yang diterima oleh Wakil Vice Presiden Daop 7 Madiun. Dari 22 sertipikat tersebut, 11 sertipikat merupakan hasil kerja keras jajaran Kantor Pertanahan Kabupaten Ponorogo dan 11 sertipikat dari Kantor Pertanahan Kabupaten Kediri. Acara yang dihadiri oleh seluruh Kepala Kantor Pertanahan di wilayah kerja Daop 7 Madiun yaitu meliputi Kab. Ngawi, Kab. Magetan, Kota Madiun, Kab. Madiun, Kab. Ponorogo, Kab. Pacitan, Kab. Nganjuk, Kota Kediri dan Kab. Kediri berlangsung sederharna dan lancar.
Pada kesempatan itu, Kepala Kanwil BPN Propinsi Jawa Timur berpesan agar jajaran Kantor Pertanahan membantu kelancaran sertipikasi aset PT KAI. Kepala BPN dengan Direktur Utama PT KAI telah mengadakan MOU terkait sertipikasi aset PT KAI. Sedangkan Wakil Vice Presiden Daop 7 Madiun mengucapkan banyak terima kasih serta memberikan apresiasi dengan selesainya sertipikat di dua wilayah ini, ke depan mengharapkan agar sertipikasi aset PT KAI khususnya di wilayah Daop 7 Madiun  dapat berjalan dengan lancar.



30 October 2014 | 13:55 - Kantor Pertanahan Kabupaten Sidoarjo
PEMBINAAN PPAT
Bulan September kemarin diadakan pelantikan dan pembinaan PPAT sekaligus diadakan sosialisasi Program Online PPAT. Sebanyak 7 PPAT baru dilantik, pada kesempatan tersebut Bapak Ir. Nandang Agus Taruna selaku Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Sidoarjo menyatakan penting peran PPAT sebagai mitra kerja BPN. Peran penting tersebut khususnya dalam pembuatan Akta autentik yang dibuat oleh PPAT yang dijadikan dasar untuk pencatatan Sertipikat. Pada kesempatan tersebut juga dilakukan Sosialisasi PPAT online yang sudah dilaksanakan pada bulan September. PPAT diberikan kewenangan untuk melakukan entry data sendiri secara online. 
bpnsidoarjo's PPAT album on Photobucket


20 October 2014 | 16:01 - Kantor Pertanahan Kabupaten Nganjuk
PRONA 2014 KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN NGANJUK SELESAI 100%
PRONA 2014 KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN NGANJUK SELESAI 100%
Kantor Pertanahan Kabupaten Nganjuk pada bulan September 2014 telah menyelesaikan 100 % Program Strategis Pertanahan melalui Sertipikat PRONA sejumlah 3.750 bidang dari target yang diberikan sejumlah 3.750 bidang dan SIMAK BMN sejumlah 3 bidang.  Adapun desa peserta PRONA yang telah diselesaikan tersebut terdiri dari 11 desa yaitu : Kecamatan Tanjunganom meliputi Desa Sonobekel (770 bidang), Kecamatan Loceret meliputi : Desa Macanan  (325 bidang), Desa Tanjungrejo (225 bidang), Kecamatan Gondang meliputi : Desa Karangsemi (275 bidang), Desa Ketawang (325 bidang), Desa Balonggebang (470 bidang), Kecamatan Patianrowo meliputi : Desa Babadan (325 bidang), Kecamatan Nganjuk meliputi : Desa Kedungdowo (175 bidang), Kecamatan Bagor meliputi : Desa Buduran (210 Bidang), Kecamatan Berbek meliputi : Desa Sonopatik (375 bidang), Kecamatan Ngetos meliputi : Desa Mojoduwur (275 bidang). Sertipikat PRONA tersebut sudah diserahkan semua ke para peserta PRONA secara bertahap mulai bulan JUni, Agustus dan Oktober 2014.


13 October 2014 | 17:26 - Kantor Pertanahan Kabupaten Ponorogo
One Day Services-Larasita Bulan September 2014 BPN Ponorogo
One Day Services-Larasita Bulan September 2014 BPN Ponorogo

Layanan One Day Services (ODS) bulan Agustus Kantor Pertanahan Kabupaten Ponorogo sebanyak 736 permohonan terdapat kenaikan 26% dari bulan sebelumnya yang hanya 585 permohonan. Pelayanan diselesaikan melalui lolet kantor sebanyak 520 permohonan (70%) dan melalui Layanan Mobil Larasita sebanyak 216 (30%) permohonan. Layanan ODS terbanyak adalah  layanan pengecekan sertipikat sebanyak 426 permohonan (50,9%), disusul layanan peralihan hak jual beli sebanyak 181 permohonan (24,6%), roya sebanyak 60 permohonan (8,2%), peralihan waris sebanyak 48 permohonan (6,5%). dan peralihan hak bersama dan  hibah masing-masing sebanyak 15 permohonan 6  permohonan.



9 October 2014 | 13:23 - Kantor Pertanahan Kabupaten Ponorogo
Penyerahan Sertipikat Prona Ponorogo
Penyerahan Sertipikat Prona Ponorogo
Bertempat di Balai Desa Bangunrejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo, pada hari Selasa, 30 September 2014, Kantor Pertanahan Kabupaten Ponorogo membagikan sertipikat hasil Legalisasi Asset Masyarakat melalui Kegiatan PRONA. Desa Bangunrejo merupakan salah satu target dari 34 desa yang tersebar di 13 kecamatan yang mendapat alokasi kegiatan 100 bidang tanah. Pada tahun 2014, BPN Ponorogo membagikan sertipikat kegiatan PRONA sebanyak 2.700 bidang, Pembagian yang disaksikan langsung oleh Kepala Desa Bangunrejo, Camat Kecamatan Sukorejo serta dihadiri Suparmono, Kasubag TU, R. Wahyu Widodo, Kasi Survey, Pengukuran dan Pemetaan serta pejabat lainnya.


29 September 2014 | 07:52 - Kantor Pertanahan Kabupaten Ponorogo
Peringatan HAN ke-54 di BPN Ponorogo Berlangsung Sederharna
Peringatan HAN ke-54 di BPN Ponorogo Berlangsung Sederharna

Dalam rangka Peringatan Hari Agraria Nasional (HAN) ke-54 Tahun 2014, BPN Ponorogo menyelenggarakan berbagai rangkaian kegiatan. Dimulai pertandingan Futsal antar Kantor Pertanahan se Eks Karisedenan Madiun, Upacara Bendera di Kanwil BPN Jawa Timur, Pertandingan Bola Velley, Tenis Lapangan, Catur dan Bulu Tangkis, yang masing-masing dapat Juara III. Disamping itu juga mengadakan bhakti sosial berupa donor darah dan kunjungan ke panti asuhan. Pada hari Minggu, 28-September 2014 diselenggarakan jalan sehat yang diikuti oleh seluruh pegawai dan keluarga besarnya. Selesai jalan sehat untuk menghilangkan rasa capek, disiapkan sarapan pagi khas Ponorogo berupa Nasi Pecel dan Soto Ayam, serta dihibur organ tunggal. Permainan anak-anak berlangsung penuh suka cita dan gelak tawa melihat kelucuan anak-anak, apalagi saat pengundian door price yang merupakan acara yang ditunggu-tunggu. Acara yang berlangsung secara sederharna, lancar dan penuh dengan suka cita, menjadi ajang silaturrahmi untuk menjalin tali persaudaran dan kebersamaan Keluarga Besar Kantor Pertanahan Kabupaten Ponorogo.



8 September 2014 | 07:29 - Kantor Pertanahan Kabupaten Ponorogo
One Day Services-Larasita Bulan Agustus 2014 BPN Ponorogo

Layanan One Day Services (ODS) bulan Agustus Kantor Pertanahan Kabupaten Ponorogo sebanyak 585 permohonan. Pelayanan diselesaikan melalui lolet kantor sebanyak 440 permohonan dan melalui Layanan Mobil Larasita sebanyak 145 permohonan. Layanan ODS terbanyak adalah  layanan pengecekan sertipikat sebanyak 338 permohonan (57,8%), disusul layanan peralihan hak jual beli sebanyak 138 permohonan (23,6%), roya sebanyak 73 permohonan (12,5%), peralihan waris sebanyak 23 permohonan (3,9%). dan peralihan hak bersama, hibah serta lelang masing-masing sebanyak 8 permohonan, 4 permohonan dan 1 permohonan.



8 September 2014 | 06:45 - Kantor Pertanahan Kabupaten Ponorogo
19 Sertipikat PT KAI Daop 7 Madiun diserahkan oleh BPN Ponorogo
19 Sertipikat PT KAI Daop 7 Madiun diserahkan oleh BPN Ponorogo

Bertempat di Aula PT KAI Daop 7 Madiun, pada hari Rabu, 3 September 2014 Kantor Pertanahan Kabupaten Ponorogo Menyerahkan 19 bidang sertipikat Hak Pakai PT KAI. Sertipikat diserahkan oleh Drs. Imam Nawawi, M.Si,.M.T.  Kepala Kantah Kab. Ponorogo dan diterima  oleh Vice President PT KAI Daop 7 Madiun Sugeng Priyono disaksikan para  Vice Presiden  Aset Surabaya dan para Manager di lingkungan PT KAI Daop 7 Madiun serta para Kasi dari BPN Ponorogo.  Target 19 bidang telah diselesaikan 100% dan ada tambahan 11 bidang yang akan segera menyusul diserahkan. Dalam sambutannya Vice President PT KAI Daop 7 Madiun Sugeng Priyono  merasa optimis,  dan mengucapkan banyak terima kasih atas percepatan penyelesaian sertipikat PT KAI dan kerjasama yang telah terjalin dengan baik. Lebih lanjut berharap agar hal seperti ini dapat ditiru oleh daerah lain dalam menyelesaikan sertipikat PT KAI. Sedangkan Kepala Kantah Kab. Ponorogo menyampaikan bahwa jajaran BPN Ponorogo siap melayani masyarakat yang membutuhkan layanan pertanahan, termasuk membantu PT KAI menertibkan aset-asetnya, meski masih banyak kekurangan dan keterbatasan. Jajaran BPN Ponorogo bertekad untuk selalu melakukan perubahan-perubahan dan perubahan, guna meningkatkan mutu layanan kepada masyarakat. Untuk itu Kakantah BPN Ponorogo mengharapkan peran serta masyarakat  membantu untuk melakukan peningkatan layanan pertanahan. Disampaikan pula sejak April 2013 sudah digulirkan 11 (sebelas) Layanan ONE DAY SERVICES yang meliputi: Roya, Pengecekan Sertipikat, Peralihan Hak Jual Beli, Peralihan Hak-Hibah, Peralihan Hak-Pewarisan-Wasiat, Peralihan Hak-Pembagian Hak Bersama, Peralihan karena Lelang, Perubahan Hak (Peningkatan HGB menjadi Hak Milik), Pencatatan Blokir, Pencatatan Sita, Roya.