Sulawesi Selatan
Berita Terkini

21 March 2014 | 15:49 - Kantor Pertanahan Kota Makassar
One Day Service
One Day Service

Dengan semboyan “ Satukan Tekad Tiada Hari Tanpa Penyerahan Sertipikat” yang terus dipegang teguh oleh seluruh jajaran Pegawai Kantor Pertanahan Kota Makassar, maka kegiatan ONE DAY SERVICE (Pelayanan Satu Hari Selesai) terus dilakukan setiap harinya. Adapun Laporan Kegiatan tersebut dalam periode tanggal 17-21 Maret 2014 telah menyelesaikan sebanyak 12 Permohonan. Adapun rinciannya adalah sebagai berikut :



21 March 2014 | 09:15 - Kantor Pertanahan Kota Makassar
Pelantikan Pejabat Pembuat Akta Tanah Sementara (PPATS)
Pelantikan Pejabat Pembuat Akta Tanah Sementara (PPATS)
Rabu, 12 Maret 2014 bertempat di Ruang Rapat Lantai II Kantor Pertanahan Kota Makassar, Kepala Kantor Pertanahan Kota Makassar, Dra Nahri  Tahir, M.M.  melantik 5 (Lima) Pejabat Pembuat Akta Tanah Sementara (PPATS) untuk beberapa daerah/wilayah kecamatan di Kota Makassar.


20 December 2013 | 10:26 - Kantor Pertanahan Kabupaten Selayar
PELATIHAN PENINGKATAN SDM PENDATA PBB DI KECAMATAN BENTENG

Pelatihan ini dilaksanakan atas kerjasama antara Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Kep. Selayar dengan Kantor Pertanahan kabupaten Kep. Selayar dalam rangka menghadapi penyerahan kewenangan penarikan PBB-P2 (Pajak Bumi dan bangunan - Perdesaan dan Perkotaan ) kepada kabupaten/kota masing-masing.

Berdasarkan hal tersebut, Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Kep. Selayar meminta kepada Kantor Pertanahan Kabupaten Kep. Selayar untuk memberikan materi mengenai Pembuatan Sketsa bidang tanah, Pengukuran bidang tanah dan Penghitungan luas bidang tanah.

Pemberian materi ini diberikan metode yang paling sederhana dalam melakukan hal-hal tersebut, adapun materi yang diberikan yaitu pembuatan sketsa bidang tanah secara baik dan benar, pembacaan pita ukur/meteran, dan menghitung luas bidang tanah dan bangunan yang telah diukur tersebut.

Dokumentasi Kegiatan:
         

Pengarahan Oleh Kakantah Kab Kep Selayar                


Pemberian materi oleh Kakantah Kab Kep Selayar


Pemberian arahan oleh Kasi SPP sebelum praktek kerja lapang.

                     
Penjelasan juru ukur kepada peserta sebelum praktek lapang.

         
Praktek Pengukuran langsung di Lapangan                                     


Kakantah Kab Kep Selayar mengawasi langsung kegiatan praktek lapangan.


Kunjungan langsung Wakil Bupati Kab Kep Selayar ditengah kegiatan berlangsung.



1 November 2013 | 09:37 - Kantor Pertanahan Kabupaten Pangkep
Penyerahan Sertipikat Hak Atas Tanah Kepada Masyarakat Pulau
Penyerahan Sertipikat Hak Atas Tanah Kepada Masyarakat Pulau
Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Pangkep MUHAMMAD HUSNI, S.E, M.H, kembali menyerahkan Sertipikat Hak atas Tanah hasil dari Kegiatan Legalisasi Aset Lintas Sektoral Nelayan Tahun 2013. Sejumlah 80 Sertipikat Hak atas Tanah di serahkan kepada Masyarakat Pulau Karanrang Desa Mattiro Bulu, Kecamatan Liukang Tupabbiring Utara pada Hari Kamis Tanggal 31 Oktober 2013. Kegiatan ini merupakan yang kedua setelah 20 Sertipikat Hak atas Tanah sudah diserahkan sebelumnya kepada Masyarakat Pulau Satando, Desa Mattiro Baji, Kecamatan Liukang Tupabbiring Utara.


23 October 2013 | 10:47 - Kantor Pertanahan Kabupaten Pangkep
Legalisasi Aset UMK APBD Kabupaten Pangkep
Legalisasi Aset UMK APBD Kabupaten Pangkep

Untuk pertama kalinya, Kantor Pertanahan Kabupaten Pangkep bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Pangkep melalui Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan melaksanakan Kegiatan Legalisasi Aset UMK APBD Tahun 2013 Sebanyak 50 Bidang yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Pangkep. Kegiatan tersebut dimulai dengan Sosialisasi oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pangkep di Kantor Lurah Tekolabbua Kecamatan Pangkajene. Kegiatan ini disambut antusias oleh masyarakat Kabupaten Pangkep Khususnya Masyarakat Kepulauan. Kegiatan Pengukuran dilaksanakan di Pulau Pandangan, Desa Mattiro Ujung Kec. Liukang Tupabbiring tanggal 18 Oktober 2013 yang dipimpin langsung oleh Kasi SPP Kantah Kab. Pangkep H.Muhammad Naim, S.Si.T, M.H.



2 October 2013 | 13:54 - Kantor Pertanahan Kabupaten Selayar
PENYERAHAN SERTIPIKAT KETUK PINTU RUMAH (KPR-BPN) TAHAP KE -2
PENYERAHAN SERTIPIKAT KETUK PINTU RUMAH (KPR-BPN) TAHAP KE -2
        Kegiatan Ketuk Pintu Rumah (KPR-BPN) yang dicanangkan Kantor Pertanahan Kabupaten Kepulauan Selayar  telah mencapai tahap penyerahan Sertipikat tahap kedua kepada Masyarakat secara langsung. Penyerahan Sertipikat kegiatan KPR tahap pertama telah dilakukan di Lapangan Bonea Kelurahan Benteng Utara, Kecamatan Benteng Pada Hari Kamis, Tanggal 29 Agustus 2013 dengan menggunakan mobil LARASITA.

        Penyerahan sertipikat KPR-BPN untuk tahap kedua ini dilakukan di Aula rumah jabatan Bupati kabupaten kepulauan selayar Pada Hari Senin, 30 September 2013 dan penyerahannya dilakukan secara langsung oleh Bupati kabupaten Kepulauan selayar. Masyarakat penerima sertipikat kpr ini adalah masyarakat yang bertempat tinggal di lingkungan bonehalang kelurahan benteng selatan kecamatan benteng.

        Kegiatan KPR-BPN ini benar-benar di sambut gembira oleh masyarakat kabupaten kepulauan selayar.

Foto-foto kegiatan penyerahan:

Sambutan oleh Kakantah Kab Kep Selayar.


Sambutan oleh Bupati Kab Kep Selayar.


Masyarakat Penerima Sertipikat KPR-BPN.


Penyerahan Sertipikat secara lansung oleh Bupati Kab Kep Selayar.


Penandatanganan Tanda terima sertipikat oleh setiap masyarakat.




30 August 2013 | 19:36 - Kantor Pertanahan Kabupaten Selayar
PENYERAHAN SERTIPIKAT KETUK PINTU RUMAH (KPR-BPN)
PENYERAHAN SERTIPIKAT KETUK PINTU RUMAH (KPR-BPN)
        Kegiatan Ketuk Pintu Rumah (KPR-BPN) yang dicanangkan Kantor Pertanahan Kabupaten Kepulauan Selayar pada hari minggu, Tanggal 23 Juni 2013, telah mencapai tahap penyerahan Sertipikat kepada Masyarakat secara langsung menggunakan mobil LARASITA.

        Penyerahan Sertipikat kegiatan KPR ini dilakukan di Lapangan Bonea Kelurahan Benteng Utara, Kecamatan Benteng Pada Hari Kamis, Tanggal 29 Agustus 2013. Kegiatan ini mendapat sambutan yang sangat positif dari Masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar.

        Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat sesuai dengan semboyan LARASITA yakni "Menjangkau yang tidak terjangkau".


6 August 2013 | 09:00 - Kantor Pertanahan Kabupaten Maros
Kegiatan Kunjungan Lapangan Lokasi Politeknik Negeri Makassar

Kepala Kantor Pertanahan Kab. Maros Hj. A. Nuzulia, SH., bersama Tim Peneliti Tanah melaksanakan kegiatan Kunjungan Lapangan Lokasi Politeknik Negeri Makassar (02/08).  Kunjungan ini terkait dengan pembebasan lahan seluas 30 Ha untuk pembangunan kampus Politeknik di Dusun Pammanjengan Desa Moncongloe Kecamatan Moncongloe Kabupaten Maros.