Bali
Berita Terkini

21 November 2014 | 15:21 - Kantor Pertanahan Kabupaten Buleleng
PENYERAHAN SERTIPIKAT PRONA 2014 DESA SUDAJI DAN DESA SUWUG


Tanggal 21 Nopember 2014, kembali Kantor Pertanahan Kabupaten Buleleng menyerahkan sertipikat program legalisasi aset prona sebanyak 441 bidang yang diterbagi menjadi 2 desa namun dipusatkan di Desa Sudaji Kecamatan Sawan. Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Buleleng yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Kepala Seksi P2M berkesempatan hadir dan menyerahkan langsung ke pemegang hak atau peserta program legalisasi aset Prona 2014.

Pembagian sertipikat ini merupakan bagian dari kegiatan pensertipikatan sebanyak 4.700 bidang yang menjadi target Kantor Pertanahan Kabupaten Buleleng tahun 2014. Masyarakat sangat antusias dengan kegiatan ini dan berharap tahun depan desa Sudaji dan Suwug mendapat jatah program seperti ini lagi, selain itu apresiasi yang tinggi diberikan masyarakat karena kinerja pemerintah dalam hal ini BPN sangat baik sehingga pelaksanaan program ini lancar sesuai dengan target yang sudah diberikan



21 November 2014 | 15:04 - Kantor Pertanahan Kabupaten Buleleng
PENYERAHAN SECARA SERENTAK SERTIPIKAT PRONA 2014 SEBANYAK 1.000 BIDANG


Tanggal 20 Nopember 2014, Kembali Kantor Pertanahan Kabupaten Buleleng menyerahkan secara serentak sebanyak 1.000 bidang sertipikat program legalisasi aset prona tahun 2014. Penyerahan secara simbolis dilaksanakan oleh Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Buleleng yang di damping pejabat eselon 4.

Penyerahan sertipikat ini merupakan bagian dari 4.700 bidang pelaksanaan kegiatan pensertipikatan tanah masyarakat yang mendapat bantuan oleh pemerintah lewat BPN. Dengan diserahkan sertipikat ini maka secara keseluruhan Kantor Pertanahan Kabupaten Buleleng sudah menyelesaikan secara 100% kegiatan sertipikasi tanah lewat Legalisasi Aset baik Prona maupun Lintor tahun 2014. Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Buleleng dalam sambutannya mengatakan agar menjaga dan merawat secara fisik sertipikat yang diserahkan tersebut karena dengan sertipikat tanah artinya secara hokum sudah ada pengakuan oleh pemerintah terhadap tanah yang dimilik oleh pemegah sertipikat.


21 November 2014 | 14:49 - Kantor Pertanahan Kabupaten Buleleng
PENYERAHAN SERTIPIKAT LEGALISASI PRONA 2014 DI DESA TEGALLINGGAH KEC. SUKASADA KABUPATEN BULELENG


Pada tanggal 19 Nopember 2014 Kantor Pertanahan Kabupaten Buleleng melaksanakan penyerahan sertipikat tanah program legalisasi aset prona di Desa Tegal Linggah Kecamatan Suksada sebanyak 150 Bidang, hadir pada saat penyerahan adalah Kepala Sub Tata Usaha yang mewakili Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Buleleng, Anggota DPRD Kabupaten Buleleng, Musipika dan Masyarakat Tegal Linggah yang menjadi peserta prona 2014.

Pada sambutannya Kepala Tata Usaha Kantor Pertanahan Kabupaten Buleleng menitik beratkan pada penggunaan sertipikat secara benar dan menjaga pisik sertipikat tanah jangan sampai hilang atau rusak sedangan anggota DPRD Kabupaten Buleleng mengatakan untuk menjaga agar suasana didesa selalu bersatu dan kondusif sehingga segala program pemerintah yang bertujuan membangun dan membantu masyarakat menjadi lancar.



21 November 2014 | 10:14 - Kantor Pertanahan Kabupaten Badung
Layanan Pertanahan Malam Hari NIGHT SERVICE
Layanan Pertanahan Malam Hari NIGHT SERVICE

Pelayanan malam hari Night Service di desa Kekeran dilaksanakan pada hari Rabu tgl 19 Nopember 2014 pada pukul 19:00 WITA smp selesai. Dihadiri oleh Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Badung beserta jajaran, Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberdayaan Masyarakat Kanwil BPN prop.Bali, Camat Mengwi beserta jajaran, Kepala Desa Kekeran dan jajaran, serta masyarakat peserta PRONA tahun Anggaran 2014. 




17 November 2014 | 14:34 - Kantor Pertanahan Kabupaten Buleleng
JADWAL PENYERAHAN SERTIPIKAT PROGRAM LEGALISASI ASET PRONA KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN BULELENG

Sesuai dengan Dipa Tahun 2014 Kantor Pertanahan Kabupaten Buleleng mendapatkan proyek legalisasi aset sebanyak 4.700 Bidang yang terbagi menjadi 200 Bidang Legalisasi aset Lintor (Nelayan dan Pertanian masing-masing 100 Bidang) dan Legalisasi Aset Prona sebanyak 4.500 Bidang. Dengan beban kerja yang begitu besar dan ditambah pelayanan rutin yang tidak boleh terganggu akhirnya digunakan strategi pembagian tahap penyelesaian dimana menjadi 2 tahap penyelesaian.

Tahap pertama atau tahap 49.8%  terdiri dari 11 desa dengan jumlah bidang 2.206 Prona dan 200 Bidang Lintor (Nelayan dan Pertanian) sudah selesai dan sudah diserahkan langsung kepada masyarakat peserta legalisasi aset. Total sudah diserahkan sebanyak 2.406 bidang.

Tahap selanjutnya disebut tahap kedua atau tahap 50,2% terdiri dari 11 desa dengan jumlah target 2.294 bidang, akhirnya selesai dan siap diserahkan kepada masyarakat. Jadwal penyerahan sebagai berikut:

 

JADWAL PENYERAHAN SERTIPIKAT

PROGRAM LEGALISASI ASET PRONA TAHUN 2014 PERIODE 50,8 %

KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN BULELENG

 

 

 

 

 

NO

DESA

KECAMATAN

JUMLAH BIDANG

TANGGAL PENYERAHAN

1

JINENG DALEM

BULELENG

150

19 Nopember 2014

2

TEGALLINGGAH

SUKASADA

168

19 Nopember 2014

3

MUNDUK

BANJAR

350

20 Nopember 2014

4

GESING

BANJAR

260

20 Nopember 2014

5

KAYU PUTIH

BANJAR

324

20 Nopember 2014

6

BONTIHING

KUBUTAMBAHAN

155

20 Nopember 2014

7

BENGKEL

BUSUNGBIU

100

20 Nopember 2014

8

SUWUG

SAWAN

100

21 Nopember 2014

9

SUDAJI

SAWAN

341

21 Nopember 2014

10

LES

TEJAKULA

143

25 Nopember 2014

11

BANJARASEM

SERIRIT

203

25 Nopember 2014

TOTAL

2294

 

 

 

 Dengan diserahkannya tahap kedua artinya Proyek Legalisasi aset Kantor Pertanahan Kabupaten Buleleng sudah selesai dan sudah diserahkan langsung ke pemilik tanah atau peserta legalisasi aset, suatu kebanggaan bersama dimiliki setiap jajaran pegawai Kantor Pertanahan Kabupaten Buleleng karena mampu menyelesaikan target yang sudah dicanangkan. segala kekurangan yang ada akan dipakai sebagai bahan evaluasi untuk pelaksanaan legalisasi aset tahun depan. Bravo Team Prona Kantor Pertanahan Kabupaten Buleleng….



14 November 2014 | 08:27 - Kantor Pertanahan Kabupaten Tabanan
RAPAT KOORDINASI PASCA LEGALISASI ASET KABUPATEN TABANAN

Rapat Koordinasi Pasca Legalisasi Aset Melalui Fasilitas ke Sumber-Sumber Produksi dan Ekonomi dalam rangka Membangun dan Mengembangkan Akses Reform tahun anggaran 2014, yang dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 28 Oktober 2014, jam 10.00 Wita, bertempat di Ruang Rapat Kantor Pertanahan Kabupaten Tabanan, yang diundang adalah Kelompok Kerja Pasca Legalisasi Asset Kabupaten Tabanan dengan susunan sebagai berikut : Pejabat/ Unsur Bappeda Kabupaten Tabanan, Pejabat/ Unsur Bagian Perekonomian dan Pembangunan pada Sekretariat Daerah Kabupaten Tabanan, Pejabat/ Unsur Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Perdagangan Kabupaten Tabanan, LPD Desa Pejaten Kabupaten Tabanan, Pejabat/ Unsur Bank Rakyat Indonesia Cabang Tabanan, Pejabat/ Unsur Bank Pembangunan Daerah Cabang Tabanan, dan Kepala Desa Pejaten. Pelaksanaan rapat koordinasi ini secara berkala dan berkelanjutan dengan SKPD dan pemangku kepentingan terkait dalam kelompok kerja legalisasi asset Kabupaten Tabanan untuk menentukan langkah-langkah yang perlu dilakukan sesuai tugas masing-masing


11 November 2014 | 15:03 - Kantor Pertanahan Kabupaten Tabanan
PENYERAHAN SERTIPIKAT MELALUI PROGRAM LINTAS SEKTOR UKM DESA BATUNGSEL DAN PADANGAN TAHUN 2014

Penyerahan Sertipikasi Hak Atas melalui Program Lintas Sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Desa Batungsel dan Desa Padangan, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan yang dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 10 Nopember 2014,  jam 11.30 Wita, bertempat di Wantilan Desa Batungsel, Kecamatan Pupuan. Penyerahan Sertipikat dihadiri oleh para undangan :

1. Ibu Bupati Tabanan

2. Ibu Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Bali

3. Ibu Kepala Bagian Tata Usaha dan Para Kepala Bidang Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Bali

4. Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perindag Kabupaten Tabanan

5. Bank Rakyat Indonesia Cabang Tabanan

6. Camat Pupuan

7. Kepala Desa Batungsel dan Padangan

 

Penyerahan sertipikat secara simbolis oleh Ibu Bupati Tabanan dan Ibu Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Bali.

Jumlah Sertipikat Hak Atas Tanah melalui Program Lintas Sektor UKM yang diserahkan seluruhnya sebanyak 100 bidang/ sertipikat yang terdiri dari 50 bidang/ sertipikat UKM Desa Batungsel dan 50 bidang/ sertipikat UKM Desa Padangan. Adapun usaha mereka seperti : rebung tabah, jaja maco, peternak ayam, peternak itik, dan jual beli hasil bumi.

Setelah Pasca diterbitkannya sertipikat Hak Atas Tanah ini diharapkan para peserta program dapat memanfaatkan sertipikat tersebut untuk kegiatan yang lebih produktif, sehingga disamping memberikan kepastian hukum Hak Atas Tanah namun juga dapat memberikan akses reform dan atau dapat diperdayakan secara maksimal.

 



29 October 2014 | 12:42 - Kantor Wilayah Bali
PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA PERING KECAMATAN BLAHBATUH KABUPATEN GIANYAR

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA PERING KECAMATAN BLAHBATUH KABUPATEN GIANYAR



Hari ini, tanggal 29 Oktober 2014 dilakukan penyerahan sertipikat kolam ikan sekaligus sosialisasi tindak lanjut peningkatan sumber daya dari narasumber terpilih. Tahun depan diharapkan POKDAKAN akan dapat meningkatkan produksi ikan air tawar melalui tambahan modal dari perbankan.

Sebagaimana telah disampaikan dalam rapat perdana kabinet kerja presiden joko widodo, program prioritas pemerintah di fokuskan kepada pembangunan maritim, pangan dan energi. Khusus dalam hal pembangunan pangan, Badan Pertanahan Nasional dapat berperan sangat penting. Ketahanan pangan akan dapat dicapai melalui politik pertanahan yang tepat. Politik pertanahan yang tepat tersebut akan memberikan jaminan perlindungan hukum dan peningkatan kesejahteraan serta mendorong kegiatan ekonomi melalui peraturan perundangan dan kerja nyata.
Selengkapnya>>