Jambi
Berita Terkini

26 August 2014 | 08:27 - Kantor Wilayah Jambi
Sosialisasi Hasil Penelitian oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan BPN RI


     Pada Hari Selasa Tanggal 19 Agustus 2014 bertempat di Aula Kantor Wilayah BPN Provinsi Jambi telah dilaksanakan acara Sosialisasi Hasil Penelitian oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan BPN RI, Bapak Ir. Iwan Taruna Isa, MURP. Acara ini dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jambi, H. Hasmi Hanafie, SH., MM, Kabag TU, Para Kabid, Kepala Kantor Pertanahan, Eselon IV di Lingkungan Kanwil BPN Provinsi Jambi, Kepala Seksi Survey Pengukuran dan Pemetaan, Kepala Seksi Hak Tanah dan Pendaftaran Tanah dan Kepala Seksi Pengaturan dan Penataan Pertanahan dari Kantor Pertanahan Kota Jambi, Kabupaten Muaro Jambi, Kabupaten Batanghari, Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan Kabupaten Tanjung Jabung Barat.
     Materi yang disampaikan pada acara tersebut meliputi pemaparan hasil sementara pengumpulan data lapang di Lingkungan Kanwil BPN Provinsi Jambi oleh Tim Peneliti yang telah melakukan penelitian sebelumnya pada tanggal 11 Agustus 2014, serta Sosialisasi Hasil Penelitian oleh Kapuslitbang. Penelitian di Provinsi Jambi bertujuan untuk mengetahui penguasaan pemilikan penggunaan dan pemanfaatan tanah pola- pola kemitraan inti plasma. Objek penelitian yaitu PT. Kedaton Mulia Primas dan PT. Adimulia Palmo Lestari yang berada di Kabupaten Batanghari dan PT. Brahma Bina Bakti di Kabupaten Muaro Jambi. Pola Kemitraan pada PT. Kedaton Mulia Primas dan PT. Brahma Bina Bakti adalah pola kemitraan bagi tanah sedangkan pola kemitraan PT. Adimulia Palmo Lestari adalah Pola Kemitraan Bagi Hasil.
 


15 July 2014 | 10:30 - Kantor Wilayah Jambi
MUKERWIL IKAWATI KANWIL BPN PROVINSI JAMBI

Pada Hari Senin Tanggal 14 Juli 2014 bertempat di Aula Kanwil BPN Provinsi  Jambi, IKAWATI BPN Provinsi Jambi Mengadakan Musyawarah Kerja Wilayah (MUKERWIL) dengan mengusung tema “Pemantapan Program Kerja Wilayah dan Daerah dalam Rangka Membangun IKAWATI yang Mandiri dan Sejahtera Melalui MUKERWIL IKAWATI Tahun 2014”. MUKERWIL IKAWATI Kanwil BPN Provinsi Jambi yang diselenggarakan merupakan bentuk tindaklanjut dari MUKERNAS IKAWATI BPN RI tanggal 24 s/d 26 Maret 2014.

Acara ini dibuka dengan Sambutan dari Ketua Pengurus Wilayah IKAWATI Kanwil BPN Provinsi Jambi, Ibu Mulya Hendrawati Hasmi, dilanjutkan dengan Pengarahan Pembina IKAWATI Kanwil BPN Provinsi Jambi, Bapak Hasmi Hanafie, SH., MM dan Pengarahan dalam rangka pembentukan sidang komisi oleh Ketua Penyelenggara, Ibu Istiqomah, SH.

Dalam pelaksanaan rapat, dibentuk 4 (empat) komisi yang masing- masing komisi melakukan rumusan program kerja, yaitu : Komisi A (Sekretariat/ Bendahara), Komisi B (Pendidikan), Komisi C (Ekonomi), dan Komisi D (Sosial Budaya). Acara ini ditutup dengan Pelantikan Pengurus Wilayah IKAWATI Kanwil BPN Provinsi Jambi, dilanjutkan pelantikan ketua pengurus daerah IKAWATI Kabupaten/ Kota.    

 


1 July 2014 | 15:51 - Kantor Wilayah Jambi
Kunjungan Tim IKAWATI BPN RI dan Bapak Sekretaris Utama BPN RI ke Kantor Wilayah BPN Provinsi Jambi

Pada hari Selasa tanggal 24 Juni 2014 IKAWATI BPN RI melakukan kunjungan ke Kantor Wilayah BPN Provinsi Jambi dalam rangka melakukan penilaian kantor Indah Berseri. IKAWATI BPN RI yang diwakili oleh Ibu Supeni Suhaily Syam dan Ibu Nurlela Doddy Imron Cholid mengawali kunjungan dengan peninjauan ke seluruh ruangan dan kebersihan lingkungan di Kanwil BPN Provinsi Jambi. Selanjutnya bertempat di Aula BPN Provinsi Jambi Ibu Supeni Suhaily Syam dan Ibu Nurlela Doddy Imron Cholid melakukan pembinaan dan sosialisasi program IKAWATI yang dihadiri oleh seluruh IKAWATI se- Provinsi Jambi. Acara ini dibuka oleh Bapak Kakanwil BPN Provinsi Jambi, Bapak Hasmi Hanafie, SH., MM dan Ibu Mulya Hasmi Hanafie selaku ketua IKAWATI Provinsi Jambi.   

Selanjutnya pada hari Rabu Tanggal 25 Juni 2014 Bapak Sekretaris Utama, Drs. Suhaily Syam, SH, MM melakukan kunjungan kerja  ke Kantor Wilayah BPN Provinsi Jambi. Bertempat di Aula Kanwil BPN Provinsi Jambi pukul 10.00 WIB acara dibuka oleh Bapak Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jambi, H. Hasmi Hanafie, SH., MM dan dilanjutkan dengan pengarahan dari Bapak Sekretaris Utama. Pengarahan yang disampaikan antara lain mengenai masalah kedisiplinan pegawai, predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang merupakan syarat remunerasi dan agar tetap dapat mempertahankan predikat tersebut serta melakukan peningkatan pelayanan yang baru, yaitu : cepat, murah, pasti dan tanpa korupsi, serta melaksanakan SPIRIT (Smile, Pelayanan, Integrity, Responsibility, dan Teamwork).



1 July 2014 | 08:52 - Kantor Wilayah Jambi
Acara Penyerahan Sertipikat Program Strategis Legalisasi Aset Tahapan 40% Tahun 2014 Provinsi Jambi

       Pada Hari Senin Tanggal 23 Juni 2014 Kantor Wilayah BPN Provinsi Jambi mengadakan acara Penyerahan Sertipikat Program Strategis Legalisasi Aset Tahapan 40% Tahun 2014. Acara ini dihadiri oleh Bapak Deputi III Bidang Pengaturan dan Pengendalian Pertanahan BPN RI, Ir. Doddy Imron Cholid, M.S selaku Pembina Wilayah Provinsi Jambi, Bapak Wakil Gubernur Provinsi Jambi, Bapak Walikota Jambi, Bapak Bupati Kabupaten Muaro Jambi dan Bapak Bupati Kabupaten Sarolangun. Acara Penyerahan Sertipikat Program Strategis Legalisasi Aset Tahapan 40% Tahun 2014 ini dilakukan secara simbolis yang dihadiri 33 orang penerima sertipikat dari perwakilan berbagai kegiatan Program Strategis Pertanahan yang terdiri dari : Kegiatan PRONA, UKM, Petani, Transmigrasi, BMN, SAMISAKE, MBR, dan Revitalisasi Perkebunan.

Dalam pelaksanaan Program Legalisasi Aset Tahun 2014 Kanwil BPN Provinsi Jambi ditargetkan sebesar 17.708 bidang. Realisasi Kegiatan Tahapan 40% Bulan Juni telah tercapai sebanyak 8.025 bidang atau 45,32% (melebihi target Tahapan 40%), dengan kegiatan :

·      PRONA               : target 15.208 bidang, realisasi 6.506 sertipikat;

·      UKM                    : target 600 bidang, realisasi 402 sertipikat;

·      Pertanian           : target 1.400 bidang, realisasi 891 sertipikat;

·      Transmigrasi      : target 350 bidang, realisasi 211 sertipikat;

·      BMN                    : target 150 bidang, realisasi 15 sertipikat;

Pada kegiatan tertentu terdapat Kantor Pertanahan yang pencapaiannya sudah 100%. Antara lain : Kantor Pertanahan Kabupaten Muaro Jambi telah menyelesaikan kegiatan seripikat tanah petani dari target 300 bidang selesai 100%. Demikian pula dengan Kantor Pertanahan  Kabupaten Merangin yang telah menyelesaikan program sertipikasi tanah UKM dari target 100 bidang selesai 100%. Dan Kantor Pertanahan Kabupaten Tebo yang telah menyelesaikan sertipikat tanah Transmigrasi dari target 100 bidang selesai 100%.

Selain Program Legalisasi Aset telah dilakukan penyelesaian sertipikat program daerah (APBD) melalui mekanisme PNBP yaitu : Program Sertipikat SAMISAKE sebanyak 99 bidang, Program Sertipikat Masyarakat Pra Sejahtera/ Masyarakat Berpenghasilan Rendah sebanyak 50 bidang atau 33,33%, Program Sertipikat Revitalisasi Perkebunan sebanyak 27 bidang.

Selain acara Penyerahan Sertipikat Program Sertipikat Legalisasi Aset Tahapan 40% Tahun 2014 juga telah dilakukan penandatanganan kesepakatan perjanjian kerjasama dengan General Manager Perum Perumnas Regional II Jambi sebagai tindaklanjut kesepakatan antara Kepala BPN RI dengan Perumnas Tanggal 21 Maret 2014
Nomor 5/SKB/III/2014
Nomor DIRUT/0290/10/III/2014

Selanjutnya acara Penyerahan Sertipikat Program Strategis Legalisasi Aset, dilanjutkan dengan kunjungan kerja Deputi III ke Kabupaten Muaro Jambi.



10 June 2014 | 16:26 - Kantor Wilayah Jambi
Rapat Evaluasi Program Strategis Tahapan 40% Kegiatan Legalisasi Aset Tahun 2014 Provinsi Jambi


     Pada hari Senin Tanggal 9 Juni 2014 Jam 08.30 WIB bertempat di Aula Kantor Wilayah BPN Provinsi Jambi telah diadakan Rapat Evaluasi Program Strategis Tahapan 40% Kegiatan Legalisasi Aset Tahun 2014. Acara ini diawali dengan pengarahan dari Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jambi, Bapak Hasmi Hanafie, SH., MM dan selanjutnya masing- masing Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten/ Kota menyampaikan laporan mengenai :
- Penyerapan DIPA Rutin dan PNBP
- Pelaksanaan Program Strategis Tahapan 40%
- Pelaksanaan LARASITA
- Progres SAMISAKE (Program APBD Pemda Provinsi Jambi)
- Pelaksanaan Program Quick Wins Triwulan I dan Triwulan II bulan Mei 2014
- Data kepegawaian menyangkut Jabatan Eselon IV dan V yang kosong, serta data Sasaran Kinerja Pegawai
Penyampaian laporan masing- masing Kantor Pertanahan tersebut juga disertai dengan penyerahan evidence.
     Dari hasil rapat evaluasi Tahapan 40% rencana penyerahan sertipikat Legalisasi Aset sebanyak 7.892 sertipikat atau 45% dengan rincian sbb : kegiatan PRONA 6.506 sertipikat, UKM 380 sertipikat, Pertanian 795 sertipikat, dan Transmigrasi 211 sertipikat. Direncanakan penyerahan sertipikat secara simbolis pada akhir Bulan Juni 2014.
 


6 June 2014 | 09:15 - Kantor Wilayah Jambi
Kunjungan Kerja Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jambi ke Kantor Pertanahan Kota Jambi

     Pada hari Selasa Tanggal 20 Mei 2014 Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jambi, H. Hasmi Hanafie, S.H., M.M melakukan kunjungan kerja untuk melakukan pembinaan dalam rangka Monitoring dan Evaluasi pada Kantor Pertanahan Kota Jambi. Kunjungan diawali dengan peninjauan sistem loket pada Kantor Pertanahan Kota Jambi yang dilanjutkan dengan melihat rehab gedung baru yang dialokasikan melalui DIPA Tahun Anggaran 2013. Setelah meninjau keadaan lingkungan Kantor, Bapak Kakanwil melakukan pembinaan dengan memberikan arahan mengenai Percepatan Pelaksanaan Program Strategis sesuai dengan Instruksi Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 1 Tahun 2014 yang membahas tentang Penyelesaian Program Strategis yang dilaporkan penyelesaian tahapan kegiatan, yakni : tahap pertama dilaporkan pada akhir Juni dengan capaian paling sedikit sebesar 40%, tahap kedua dilaporkan pada akhir September dengan capaian paling sedikit sebesar 70%, dan laporan tahap ketiga pada akhir Desember sebesar 100%.
     Selain pengarahan mengenai Percepatan Pelaksanaan Program Strategis, Kakanwil juga memberikan arahan untuk mempercepat Program- Program Strategis Pertanahan dan merubah mindset (pola pikir) dan culturalset (budaya kerja) dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, disamping itu dalam upaya menbangun kepercayaan kepada masyarakat perlu mendapat perhatian pelaksanaan Program Quick Wins sesuai dengan Keputusan Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 53/KEP-100.6.2/II/2014 tentang pelayanan pertanahan yang meliputi : Pengecekan Sertipikat Tanah, Peralihan Hak Jual Beli Atas Tanah, Roya Hak Tanggungan, dan Peningkatan Hak, serta menyangkut kedisiplinan pengawai.
 


1 June 2014 | 10:59 - Kantor Wilayah Jambi
Acara Syukuran Penyelesaian Sengketa Antara Suku Anak Dalam (SAD) dengan PT. Asiatic Persada


      Pada hari Selasa Tanggal 13 Mei 2014 bertempat di Rumah Adat Bumi Serentak Bak Regam Kabupaten Batanghari telah dilaksanakan Acara Syukuran Penyelesaian Sengketa Antara Suku Anak Dalam (SAD) Bungku dengan PT. Asiatic Persada/ AMS. Acara syukuran ini dihadiri oleh Gubernur Jambi Drs. H. Hasan Basri Agus, MM, Bupati Kabupaten Batanghari, Unsur Muspida Provinsi dan Kabupaten Batanghari, Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jambi, Ketua Lembaga Adat Provinsi dan Kabupaten Batanghari, Perwakilan Suku Anak Dalam (SAD) 17 Rumpun Keturunan, Dinas Instansi terkait serta para Undangan.
      Acara syukuran tersebut dilaksanakan dalam upaya penyelesaian antara PT. Asiatic Persada dengan Suku Anak Dalam (SAD) yang difasilitasi oleh Tim Terpadu Kabupaten Batanghari dan Provinsi bersama- sama dengan Lembaga Adat Bumi Serentak Bak Regam Kabupaten Batanghari. Pihak perusahaan bersedia untuk menyerahkan areal seluas ± 2.000 Ha untuk kebun plasma warga Suku Anak Dalam (SAD) sebanyak 17 rumpun keturunan sebanyak 994 KK yang ditandai dengan penyerahan SK Bupati Batanghari Nomor 180 Tahun 2014 tanggal 11 Maret 2014 tentang Penetapan Nama - Nama Serta Peta Lokasi Warga Suku Anak Dalam (SAD) Penerima Lahan Kompensasi Seluas ± 2.000 Ha dari PT. Asiatic Persada di Desa Bungku Kecamatan Bajubang Kabupaten Batang Hari.


13 May 2014 | 16:57 - Kantor Pertanahan Kabupaten Merangin
ALUR PELAYANAN PERTANAHAN
ALUR PELAYANAN PERTANAHAN