Jambi
Berita Terkini

9 October 2014 | 10:43 - Kantor Wilayah Jambi
KUNJUNGAN IKAWATI BPN PROVINSI JAMBI KE PANTI ASUHAN DALAM RANGKA BULAN BHAKTI AGRARIA

     Pada hari Rabu tanggal 8 Oktober 2014, Dalam rangka memperingati Bulan Bhakti Agraria, IKAWATI BPN Provinsi Jambi melakukan kunjungan ke Panti Asuhan. Yayasan yang dikunjungi adalah Yayasan/ Panti Asuhan/ Rumah Tahfiz Qur’an Rifahiyatul Bilad yang beralamat Jl. Guru Mukhtar (Taman Sari) Rt.09 Rw. 03 No. 52 Kelurahan Tambak Sari Kecamatan Jambi Selatan - Kota Jambi.

    Dalam kunjungannya ketua IKAWATI BPN Provinsi Jambi, Ibu Mulya Hendrawati Hasmi memberikan bantuan berupa Sembilan Bahan Pokok (Sembako) dan uang santunan yang diberikan langsung oleh pengurus Panti Asuhan. Semoga Bantuan yang diberikan dapat bermanfaat.


7 October 2014 | 09:24 - Kantor Wilayah Jambi
HARI RAYA IDUL ADHA 1435 H


     Pada Hari Senin Tanggal 6 Oktober 2014 telah dilaksanakan acara penyembelihan hewan qurban dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1435 H. Acara ini dibuka oleh laporan ketua panitia qurban, Suparman, A. Ptnh., MH dan dilanjutkan dengan sambutan Kakanwil BPN Provinsi Jambi, H. Hasmi Hanafie, SH., MM.
     Ibadah Qurban merupakan suatu ibadah yang dilaksanakan dengan menyembelih hewan ternak pada Hari Raya Idul Adha (Tanggal 10 Dzulhijjah) atau tiga hari tasyri’ sesudahnya (Tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah). Ibadah qurban dilaksanakan untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT dan menguatkan semangat ketauladanan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail AS serta meningkatkan ukhuwah islamiyah antara karyawan karyawati Kanwil BPN Provinsi Jambi dan warga masyarakat khususnya kalangan dhuafa.
     Pada pelaksanaan ibadah qurban tahun ini Kanwil BPN Provinsi jambi berqurban 5 (lima) ekor sapi yang nantinya daging qurban tersebut akan didistribusikan kepada saudara- saudara yang membutuhkan.


26 September 2014 | 12:44 - Kantor Wilayah Jambi
SOSIALISASI BIDANG PENGKAJIAN DAN PENANGANAN SENGKETA DAN KONFLIK PERTANAHAN TAHUN 2014


      Pada hari Kamis dan Jumat Tanggal 24- 25 September 2014 Pukul 09.30 WIB bertempat di Ruang Mediasi Kanwil BPN Provinsi Jambi telah dilaksanakan Acara Sosialisasi Bidang Pengkajian dan Penanganan Sengketa dan Konflik Pertanahan Tahun 2014. Acara sosialisasi yang mengundang para Kepala Seksi Sengketa Konflik dan Perkara Pertanahan, Kepala Sub Seksi Sengketa dan Kasubsi Perkara Kantor Pertanahan Kabupaten/ Kota se- Provinsi jambi ini dibuka oleh Bapak Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jambi, H. Hasmi Hanafie, SH., MM dan dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Kepala Bidang Sengketa Konflik dan Perkara Pertanahan, Santoso, SH., MH.
     Materi Sosialisasi meliputi Penanganan dan Penyelesaian Kasus Pertanahan serta Penanganan Perkara Pertanahan di Pengadilan. Kriteria Penyelesaian Kasus Tanah meliputi :
K1 : Surat Pemberitahuan Penyelesaian
- K2 : Penerbitan SK Hak/ Pembatalan/ Status Quo
- K3 : Mediasi para Pihak
- K4 : Silahkan menempuh jalur di Pengadilan
- K5 : Kasus dilimpahkan ke Instansi lain
     Perkara Pertanahan adalah perselisihan pertanahan yang penyelesaiannya dilaksanakan oleh lembaga peradilan atau putusan lembaga peradilan yang masih dimintakan penanganan perselisihkannya di Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia (berdasarkan Pasal 1 angka 4 Perkaban No. 3 Tahun 2011). Pengkajian Perkara tertuang dalam Pasal 25 PERKABPN RI No. 3 Tahun 2011 dan Penanganan Perkara tertuang dalam Pasal 50, 51, dan 53 PERKABPN RI No. 3 Tahun 2011.


25 September 2014 | 16:15 - Kantor Wilayah Jambi
SOSIALISASI PELAKSANAAN REFORMASI BIROKRASI, KONSEP TIPOLOGI KANTOR, DAN KONSEP REORGANISASI BPN RI
 

     Pada hari Kamis Tanggal 25 September 2014 Pukul 08.30 WIB bertempat di Aula Kantor Wilayah BPN Provinsi Jambi telah dilaksanakan Acara Sosialisasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi, Konsep Tipologi Kantor, dan Konsep Reorganisasi BPN RI. Acara ini dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jambi, H. Hasmi Hanafie, SH., MM yang dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Tim Reformasi Birokrasi BPN RI yang diwakili Bapak Dr. Suhendro. Kegiatan Sosialisasi ini dihadiri oleh seluruh Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten/ Kota se- Provinsi Jambi serta Para Kabid/ Kabag TU  dan Eselon IV di Lingkungan Kanwil BPN Provinsi Jambi.
     Materi yang diberikan antara lain : Program dan Kegiatan Reformasi Birokrasi, Sosialisasi Reorganisasi BPN RI, dan Review Tipologi BPN RI. Dalam Program dan Kegiatan Reformasi Birokrasi terdapat 8 (delapan) area perubahan yaitu : Organisasi, Tata Laksana, Peraturan Perundang- undangan, Sumber Daya Manusia Aparatur, Pengawasan, Akuntabilitas, Pelayanan Publik, Pola Pikir (Mind Set) dan Budaya Kerja (Culture Set) Aparatur. Hasil yang diharapkan dari penataan organisasi antara lain : mewujudkan organisasi BPN yang tepat fungsi dan tepat ukuran (rightsizing), mengurangi tumpang tindih tugas dan fungsi BPN, baik internal maupun eksternal, mengurangi fragmentasi tugas dan fungsi BPN, serta menyempurnakan difesiensi organisasi BPN agar lebih tepat dan sesuai ketentuan yang berlaku.
    
Tipologi kantor adalah pengkategorian kantor yang didasarkan atas kriteria dan indikator tertentu. Penentuan Tipe Kantor Wilayah BPN Provinsi didasarkan pada :
Pelayanan Riil meliputi Jumlah Kantor Pertanahan, Jumlah Pelayanan Rutin, dan Jumlah SKP
Potensi Pelayanan meliputi Jumlah Pendukung, Jumlah PDRB Provinsi, dan Nilai Hak Tanggungan
- Unsur Penunjang meliputi Rata – rata PNBP

Sedangkan Penentuan Tipe Kantor Pertanahan didasarkan pada :
- Pelayanan Riil meliputi Jumlah Layanan Rutin rata- rata per hari, dan Jumlah SKP per tahun
- Potensi Pelayanan meliputi Jumlah penduduk, pendapatan per kapita, nilai Hak Tanggungan, Jumlah Bidang Terdaftar, dan Jumlah sertipikat program strategis
- Unsur Penunjang meliputi Rata – rata PNBP dan Jumlah PPAT



25 September 2014 | 08:40 - Kantor Wilayah Jambi
PERINGATAN HARI AGRARIA NASIONAL KE -54


      Pada hari Rabu Tanggal 24 September 2014 bertempat di Lapangan Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Jambi telah dilaksanakan Upacara Bendera dalam rangka peringatan Hari Agraria Nasional ke-54 Tahun 2014. Upacara di awali dengan pengibaran bendera merah putih dan dilanjutkan dengan sambutan Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jambi, H. Hasmi Hanafie, SH., MM selaku Inspektur Upacara. Dalam sambutannya selain menyampaikan amanat Kepala Badan Pertanahan Nasional, Bapak Kakanwil juga menyampaikan laporan Program Strategis Legalisasi Aset dan Redistribusi Tanah Tahapan 70%. Target Kegiatan Legalisasi Aset dan Redistribusi Tanah di Kanwil BPN Provinsi Jambi sebanyak 21.708 bidang tersebar di Kabupaten/ Kota se- Provinsi Jambi. Realisasi Kegiatan Tahapan 40% Bulan Juni ini telah tercapai sebanyak 8.025 bidang atau 45,32% sedangkan pada tahapan 70% di Bulan September 2014 terealisasi sebesar 7.232 bidang. Sehingga total sertipikat yang diselesaikan sampai dengan Tahapan 70% = 15.257 bidang atau 70.28% dengan kegiatan :
· PRONA dari target 15.208 bidang, dengan realisasi 11.915 sertipikat;
· UKM dari target 600 bidang, dengan realisasi 547 sertipikat;
· Pertanian dari target 1.400 bidang, dengan realisasi 1.304 sertipikat;
· Transmigrasi dari target 350 bidang, dengan realisasi 330 sertipikat;
· BMN dari target 150 bidang, dengan realisasi 111 sertipikat;
· Redistribusi Tanah dari target 4.000 bidang, dengan realisasi 1.050 sertipikat.
      Selain Sertipikat Kegiatan Legalisasi Aset dan Redistribusi Tanah diserahkan juga sertipikat SAMISAKE Program APBD sebanyak 90 sertipikat dan sertipikat Masyarakat Pra Sejahtera (MBR) sebanyak 12 sertipikat.
     Dalam acara tersebut Kepala KOREM 042 Garuda Putih Kolonel Inf. Harianto juga menyerahkan penghargaan kepada Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jambi dan Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Muaro jambi, Beni Hermawan, S. Si., M.Si karena telah menyelesaikan sertipikat tanah Hak Milik para Veteran Pejuang Seroja di Timor- Timur yang kepemilikan tanah sejak tahun 1986 baru menjadi sertipikat tahun 2014. Jumlah Sertipikat yang diserahkan sebanyak 209 sertipikat yang tersebar di Kelurahan Pijoan sebanyak 54 sertipikat dan Desa Sungai Bertam sebanyak 155 sertipikat. Sertipikat tersebut akan diserahkan pada puncak perayaan HUT TNI pada Tanggal 28 September 2014 dan dijadwalkan akan diserahkan oleh KASDAM II Sriwijaya.


26 August 2014 | 08:27 - Kantor Wilayah Jambi
Sosialisasi Hasil Penelitian oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan BPN RI


     Pada Hari Selasa Tanggal 19 Agustus 2014 bertempat di Aula Kantor Wilayah BPN Provinsi Jambi telah dilaksanakan acara Sosialisasi Hasil Penelitian oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan BPN RI, Bapak Ir. Iwan Taruna Isa, MURP. Acara ini dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jambi, H. Hasmi Hanafie, SH., MM, Kabag TU, Para Kabid, Kepala Kantor Pertanahan, Eselon IV di Lingkungan Kanwil BPN Provinsi Jambi, Kepala Seksi Survey Pengukuran dan Pemetaan, Kepala Seksi Hak Tanah dan Pendaftaran Tanah dan Kepala Seksi Pengaturan dan Penataan Pertanahan dari Kantor Pertanahan Kota Jambi, Kabupaten Muaro Jambi, Kabupaten Batanghari, Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan Kabupaten Tanjung Jabung Barat.
     Materi yang disampaikan pada acara tersebut meliputi pemaparan hasil sementara pengumpulan data lapang di Lingkungan Kanwil BPN Provinsi Jambi oleh Tim Peneliti yang telah melakukan penelitian sebelumnya pada tanggal 11 Agustus 2014, serta Sosialisasi Hasil Penelitian oleh Kapuslitbang. Penelitian di Provinsi Jambi bertujuan untuk mengetahui penguasaan pemilikan penggunaan dan pemanfaatan tanah pola- pola kemitraan inti plasma. Objek penelitian yaitu PT. Kedaton Mulia Primas dan PT. Adimulia Palmo Lestari yang berada di Kabupaten Batanghari dan PT. Brahma Bina Bakti di Kabupaten Muaro Jambi. Pola Kemitraan pada PT. Kedaton Mulia Primas dan PT. Brahma Bina Bakti adalah pola kemitraan bagi tanah sedangkan pola kemitraan PT. Adimulia Palmo Lestari adalah Pola Kemitraan Bagi Hasil.
 


15 July 2014 | 10:30 - Kantor Wilayah Jambi
MUKERWIL IKAWATI KANWIL BPN PROVINSI JAMBI

Pada Hari Senin Tanggal 14 Juli 2014 bertempat di Aula Kanwil BPN Provinsi  Jambi, IKAWATI BPN Provinsi Jambi Mengadakan Musyawarah Kerja Wilayah (MUKERWIL) dengan mengusung tema “Pemantapan Program Kerja Wilayah dan Daerah dalam Rangka Membangun IKAWATI yang Mandiri dan Sejahtera Melalui MUKERWIL IKAWATI Tahun 2014”. MUKERWIL IKAWATI Kanwil BPN Provinsi Jambi yang diselenggarakan merupakan bentuk tindaklanjut dari MUKERNAS IKAWATI BPN RI tanggal 24 s/d 26 Maret 2014.

Acara ini dibuka dengan Sambutan dari Ketua Pengurus Wilayah IKAWATI Kanwil BPN Provinsi Jambi, Ibu Mulya Hendrawati Hasmi, dilanjutkan dengan Pengarahan Pembina IKAWATI Kanwil BPN Provinsi Jambi, Bapak Hasmi Hanafie, SH., MM dan Pengarahan dalam rangka pembentukan sidang komisi oleh Ketua Penyelenggara, Ibu Istiqomah, SH.

Dalam pelaksanaan rapat, dibentuk 4 (empat) komisi yang masing- masing komisi melakukan rumusan program kerja, yaitu : Komisi A (Sekretariat/ Bendahara), Komisi B (Pendidikan), Komisi C (Ekonomi), dan Komisi D (Sosial Budaya). Acara ini ditutup dengan Pelantikan Pengurus Wilayah IKAWATI Kanwil BPN Provinsi Jambi, dilanjutkan pelantikan ketua pengurus daerah IKAWATI Kabupaten/ Kota.    

 


1 July 2014 | 15:51 - Kantor Wilayah Jambi
Kunjungan Tim IKAWATI BPN RI dan Bapak Sekretaris Utama BPN RI ke Kantor Wilayah BPN Provinsi Jambi

Pada hari Selasa tanggal 24 Juni 2014 IKAWATI BPN RI melakukan kunjungan ke Kantor Wilayah BPN Provinsi Jambi dalam rangka melakukan penilaian kantor Indah Berseri. IKAWATI BPN RI yang diwakili oleh Ibu Supeni Suhaily Syam dan Ibu Nurlela Doddy Imron Cholid mengawali kunjungan dengan peninjauan ke seluruh ruangan dan kebersihan lingkungan di Kanwil BPN Provinsi Jambi. Selanjutnya bertempat di Aula BPN Provinsi Jambi Ibu Supeni Suhaily Syam dan Ibu Nurlela Doddy Imron Cholid melakukan pembinaan dan sosialisasi program IKAWATI yang dihadiri oleh seluruh IKAWATI se- Provinsi Jambi. Acara ini dibuka oleh Bapak Kakanwil BPN Provinsi Jambi, Bapak Hasmi Hanafie, SH., MM dan Ibu Mulya Hasmi Hanafie selaku ketua IKAWATI Provinsi Jambi.   

Selanjutnya pada hari Rabu Tanggal 25 Juni 2014 Bapak Sekretaris Utama, Drs. Suhaily Syam, SH, MM melakukan kunjungan kerja  ke Kantor Wilayah BPN Provinsi Jambi. Bertempat di Aula Kanwil BPN Provinsi Jambi pukul 10.00 WIB acara dibuka oleh Bapak Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jambi, H. Hasmi Hanafie, SH., MM dan dilanjutkan dengan pengarahan dari Bapak Sekretaris Utama. Pengarahan yang disampaikan antara lain mengenai masalah kedisiplinan pegawai, predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang merupakan syarat remunerasi dan agar tetap dapat mempertahankan predikat tersebut serta melakukan peningkatan pelayanan yang baru, yaitu : cepat, murah, pasti dan tanpa korupsi, serta melaksanakan SPIRIT (Smile, Pelayanan, Integrity, Responsibility, dan Teamwork).