Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang -

Kabupaten Semarang

Berita

12 September 2014 | 10:30
KEGIATAN PASCA LEGALISASI ASET BERSAMA KUNJUNGAN BAPAK KAKANWIL BPN PROV JATENG
  

 

TENGARAN,– Badan Pertanahan Nasional (BPN) mendampingi para petani untuk mengembangkan usaha pertanian mereka. Hal itu sebagai bagian dari program reformasi agraria di antarnya turut peduli untuk mensejahterakan masyarakat. Hal itu disampaikan Kepala Wilayah BPN Jateng Ronny Kusuma Yudistiro saat memberi arahan dan pendampingan kepada gabungan kelompok tani tanaman obat di Desa Regunung Tengaran, kemarin (10/9). 


Terlihat hadir kepala kantor BPN Kabupaten Semarang Djoko Suprapto, dan Kabid P2M BPN Jateng Raharjo Sanyoto. Pendampingan kelompok tani lainnya yaitu klaster sapi perah, klaster sapi potong, dan klaster padi organik di sejumlah tempat di Kabupaten Semarang. 


“Intinya bahwa program BPN paska legalisasi aset, itu perlu didorong manfaat positif untuk kesejahteraan masyarakat. Misalnya setelah terbit sertifikat tanah, masyarakat bisa menggunakan sertifikat itu untuk pinjaman modal di bank,” kata Ronny. 


Menurut Ronny, produk dari BPN adalah sertifikat tanah. Meski begitu, setelah terbit sertifikat itu, BPN mendorong agar sertifikat ini bermanfaat. BPN turut membina dalam rangka pemberdayaan masyarakat itu sendiri. 
Dalam hal ini BPN bisa menjadi fasilitator atau penghubung antara petani dan pihak instansi terkait seperti bank dan juga perusahaan. 


“Saya melihat dari hasil diskusi dengan para petani, banyak usaha yang dilakukan dengan modal menggadaikan sertifikat tanah ternyata cukup berhasil. Hanya beberapa kendala seperti pemasaran produk dan juga meminta cicilan diperingan. Itu semua bisa dibicarakan nanti. BPN akan berupaya menjadi fasilitator,” kata mantan Kepala Wilayah BPN Sumatera Utara ini.


Dikatakan Ronny, pihaknya memerintahkan kepada kepala kentor BPN di Jateng untuk mengontrol sertifikat yang dikeluarkan agar memberi manfaat. Ini wujud kepedulian BPN untuk kesejahteraan rakyat. 


“Kami mendorong masyarakat juga untuk segera mensertifikatkan tanahnya. Sebab dengan sertifikat itu bisa bermanfaat untuk kesejahteraan di antaranya pinjaman modal untuk pemberdayaan masyarakat itu sendiri,” katanya.
 
 

Diliput oleh: admin  Foto Terkait     Video Terkait


21 August 2014 | 10:31
KUNJUNGAN KERJA BAPAK KAKANWIL BPN PROV JATENG
  

Pada hari Rabu tanggal 20 Agustus 2014, Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang mendapat Kunjungan Kerja Bapak Ir. RONNY KUSUMA YUDISTIRO, M.M selaku Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Tengah yang baru dan didampingi oleh Kepala Bagian Tata Usaha, Kabid I, dan Kabid II Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Tengah.

Seluruh Pegawai Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang melaksanakan Apel Pagi bersama dengan dipimpin langsung oleh Bapak Kakanwil BPN Provinsi Jawa Tengah yang baru. Dalam pembinaannya, Bapak Kakanwil menyampaikan kepada Seluruh Pegawai Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang untuk lebih meningkatkan kualitas dalam hal pelayanan pertanahan terhadap masyarakat. Bapak Kakanwil juga memberi apresiasi kepada seluruh Pegawai Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang dalam hal kedisiplinan dan kerapian kelengkapan memakai atribut seragam.

Setelah apel pagi dilanjutkan dengan Rapat Pimpinan bersama Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang dan segenap Pejabat Eselon IV dan V Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang. Arahan dari Bapak Kepala Bagian Tata Usaha yaitu mengenai Kinerja Pegawai agar lebih di pantau dan masalah Kepegawaian yang lain-lain selanjutnya Arahan dari Kepala Bidang I (HTPT) yaitu mengenai Ruang Buku Tanah dan Ruang Warkah.

Setelah Rapat Pimpinan dilanjutkan dengan peninjauan ke tiap-tiap ruangan di dalam gedung Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang dan Foto bersama di depan Kantor.

Diliput oleh: admin  Foto Terkait     Video Terkait


21 August 2014 | 08:39
UPACARA PERINGATAN HARI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA KE - 69
  

Pada Hari Minggu tanggal 17 Agustus 2014, Seluruh Pegawai Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang di halaman kompleks perkantoran suwakul. Pembina Upacara yaitu Kepala BAPPEDA, dengan diikuti oleh Pegawai BAPPEDA, Pegawai Dinas Pendidikan, Pegawai PDAM dan Pegawai Harian Lepas Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang dan juga anak prakerin pada masing-masing dinas tersebut. Setelah mengikuti Upacara, Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang menggelar potong Nasi Tumpeng sebagai tanda rasa syukur atas nikmat Allah SWT di Hari Kemerdekaan ini.

Diliput oleh: admin  Foto Terkait     Video Terkait


4 August 2014 | 09:46
HALAL BI HALAL PEGAWAI KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN SEMARANG
  

Hari Pertama masuk kerja, tanggal 4 Agustus 2014 Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang menyelenggarakan apel pagi bersama dan dilanjutkan dengan halal bi halal dengan seluruh pegawai kantor pertanahan kabupaten semarang dipimpin oleh Bpk. Ir. Joko Suprapto, MP selaku Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang

Diliput oleh: admin  Foto Terkait     Video Terkait


24 July 2014 | 10:29
BUKA PUASA BERSAMA KANTAH KAB. SEMARANG
  


Pada hari Selasa tanggal 22 Juli 2014, dalam upaya membangun mental dan memupuk rasa solidaritas, maka Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang menyelenggarakan acara Buka Puasa Bersama dengan tema “ Dengan Buka Puasa Bersama, Kita Tingkatkan Ukhuwah Islamiyah.” 

Kegiatan utama pada acara ini adalah pengajian oleh Ustadz Teguh Raharjo, S.Pd.I, mengundang 60 anak-anak yatim piatu dari 2 panti asuhan terdekat dan menyerahkan Zakat Infaq Shadaqah (ZIS), dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis Sertipikat Hak Atas Tanah kegiatan Prona (2 bidang) dan kegiatan Redistribusi Tanah (1 bidang) Tahun Anggaran 2014, oleh Bapak Ir. JOKO SUPRAPTO, MP selaku Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang yang dihadiri oleh sekitar 210 orang termasuk karyawan-karyawati Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang dan Tenaga Honorer.

Diliput oleh: admin  Foto Terkait     Video Terkait


22 July 2014 | 09:44
SK KEPALA KANTOR TENTANG PENANGANAN PENGADUAN PELAYANAN PERTANAHAN
SK KEPALA KANTOR TENTANG PENANGANAN PENGADUAN PELAYANAN PERTANAHAN
Surat Keputusan Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang, nomor : 1229/KEP-33.22/VI/2014 tentang Pembentukan Tim Pengadaan Pengaduan Pelayanan Pertanahan di Lingkungan Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang Tahun Anggaran 2014.

Menimbang : ......dsb.

Mengingat : ........dsb.

Memutuskan :

Menetapkan : Keputusan Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang tentang Pembentukan Tim Pengadaan Pengaduan Pelayanan Pertanahan di Lingkungan Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang.

Pertama : Membentuk Tim Penanganan Pengaduan Pelayanan Pertanahan di lingkungan Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang.

Kedua : Susunan Tim Penanganan Pengaduan Pelayanan Pertanahan di lingkungan Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang beserta tugasnya sebagaimana tertera dalam lampiran keputusan ini.

Ketiga : Keputusan ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan dengan ketentuan apabila dikemudian hari terdapat kekeliruan akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya.

Ditetapkan di Ungaran, pada tanggal 14 Juli 2014


Diliput oleh: admin  Foto Terkait     Video Terkait