Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang -

Kabupaten Semarang

Berita

7 October 2014 | 13:47
PENYEMBELIHAN HEWAN QURBAN IDUL ADHA 1435 H
 

Diliput oleh: admin  Foto Terkait     Video Terkait


7 October 2014 | 12:07
PELAKSANAAN HARI AGRARIA NASIONAL KE 54 TAHUN DI BPN KAB. SEMARANG
  

Pada hari minggu tanggal 28 September 2014, Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang mengadakan acara family gathering di halaman kantor. Acara di mulai dengan senam pagi bersama lalu dilanjutkan dengan jalan sehat bersama dan selanjutnya acara pembagian hadiah-hadiah doorprize. Macam-macam doorprize yaitu kulkan 2 pintu, sepeda gunung, sepeda lipat, DVD, kipas angin, TV 32 inch dll. Adapun lomba untuk anak TK dan SD yaitu lomba mewarnai dan menggambar. Sebelumnya Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang juga mengadakan lomba untuk seluruh pegawai kantor yaitu lomba tennis meja, lomba mengetik, lomba konsep surat dan lomba cerdas-cermat. Seluruh Karyawan-karyawati dan Pegawai Tidak Tetap ikut berpartisipasi sampai acara selesai.

Diliput oleh: admin  Foto Terkait     Video Terkait


7 October 2014 | 11:15
PELANTIKAN PPAT DAERAH KERJA KAB. SEMARANG
 

Diliput oleh: admin  Foto Terkait     Video Terkait


24 September 2014 | 16:56
UPACARA HARI AGRARIA NASIONAL KE 54
 

Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan upacara peringatan Hari Agraria Nasional ke-54 di Halaman Gedung Kanwil BPN Prov. Jawa Tengah, Jalan Ki Mangunsarkoro No. 34 C, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (24/9). Kegiatan tersebut diikuti oleh para Pejabat dan staf di lingkungan Kanwil BPN Prov. Jawa Tengah, Kantor Pertanahan Kota Semarang dan Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang, Pengurus Dharma Wanita Persatuan BPN RI dan para tamu undangan.

Dalam sambutannya Kepala Kanwil BPN Prov. Jawa Tengah, Ir. Ronny Kusuma Yudistira, MM, menyampaikan amanat dari Kepala BPN RI bahwa banyak hal telah dilakukan oleh BPN RI untuk mewujudkan cita-cita dan nilai yang terkandung dalam UUPA dan BPN RI telah banyak mengatasi hambatan- hambatan dalam mewujudkan tanah bagi kesejahteraan rakyat.

Dari aspek sumber daya manusia telah dilakukan upaya-upaya untuk menciptakan aparatur BPN RI yang professional, berintegritas tinggi, bermoral mulia dan mengabdi untuk kepentingan rakyat. BPN RI juga telah menerapkan sistem jenjang karir yang didasarkan pada merit system. Sistem reward and punishment juga telah diterapkan pada semua level organisasi, paparnya.

Penataan peraturan di bidang pertanahan juga terus dilakukan. BPN RI telah melakukan sinkronisasi dan harmonisasi peraturan di bidang pertanahan, sehingga dari 650 peraturan dibidang pertanahan tersisa 126 peraturan yang masih berlaku.

Pelayanan di bidang pertanahan juga terus ditingkatkan melalui inovasi-inovasi dalam pelayanan di Kantor Pertanahan. Pelayanan Satu Hari (one day service) yang telah dilakukan oleh semua Kantor Pertanahan, pelayanan akhir pekan (weekend service), Pelayanan Malam Hari (evening service), LANTUM (Layanan 7 Menit), LAYANGMAS (Layanan Anggota Masyarakat) serta INTAN (Informasi Interaktif Pertanahan). “Saya berharap kedepannya akan semakin banyak lagi inovasi-inovasi lain sehingga dapat memaksimalkan pelayanan pertanahan,” ujarnya.

Sejalan dengan tema Hari Agraria Nasional tahun 2014 “Satu Yang Tidak Terpisah-pisahkan”, Kepala BPN RI mengatakan bahwa seluruh jajaran BPN RI baik di Pusat maupun didaerah di seluruh Indonesia tidak boleh terkotak-kotak dibatasi oleh ruang, tugas dan fungsi masing-masing. Seluruh jajaran BPN RI diharapkan dapat memberikan pelayanan secara Cepat, Murah, Sederhana, Pasti dan Anti KKN serta Pro Rakyat, Pro Poor, Pro Environment, untuk kesejahteraan dan kemakmuran seluruh Rakyat Indonesia.

Diliput oleh: admin  Foto Terkait     Video Terkait


24 September 2014 | 16:25
BPN KAB. SEMARANG MENYERAHKAN SERTIPIKAT MASSAL PRONA 2014 SEBANYAK 2.091 SERTIPIKAT



Pada Hari Rabu tanggal 17 September 2014, Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang melaksanakan apel pagi bersama Bapak Bupati Semarang dalam rangka Penyerahan Sertipikat Hak Atas Tanah Program Strategis Pertanahan Tahun 2014 di Wilayah Kabupaten Semarang.

Setelah Apel Pagi dilanjutkan dengan sarapan pagi bersama dan kemudian penyerahan sertipikat secara simbolis oleh Bapak Bupati Semarang didampingi Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang berkeliling ke 6 (enam) Tempat di Wilayah Kabupaten Semarang sebanyak 2.091 Sertipikat secara serempak.

Pertama, Dalam Apel Pagi di Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang menyerahkan Sertipikat secara simbolis yaitu Sertipikat Aset Pemkab sebanyak 5 bidang , Aset TNI sebanyak 6 bidang, BMN sebanyak 4 bidang, Wakaf sebanyak 4 bidang, Keuskupan sebanyak 2 bidang, dan Hak Tanggungan sebanyak 17 sertipikat dengan jumlah 38 sertipikat.

Kedua, bertempat di Kantor Kelurahan Bedono menyerahkan Prona Desa Gemawang sebanyak 140 bidang, Prona Desa Bedono sebanyak 86 bidang, Prona Desa Kelurahan sebanyak 150 bidang, Wakaf Desa Rejosari sebanyak 1 bidang dengan jumlah 377 sertipikat.

Ketiga, bertempat di Kantor Kelurahan Kebondowo menyerahkan Prona Desa Kebondowo sebanyak 200 bidang, Prona Desa Keseneng sebanyak 200 bidang dengan jumlah 400 sertipikat.

Keempat, bertempat di Kantor Kelurahan Gogodalem menyerahkan Prona Desa Gogodalem sebanyak 245 bidang, Prona Desa Rembes sebanyak 3 bidang, Prona Desa Lebak sebanyak 125 bidang, Prona Desa Pakis sebanyak 11 bidang, Prona Desa Sendang sebanyak 198 dengan jumlah 582 sertipikat.

Kelima, bertempat di Kantor Kelurahan Banding menyerahkan Redis Desa Banding sebanyak 275 bidang, Redis Desa Krandonlor sebanyak 75 bidang, Wakaf Desa Krandonlor sebanyak 1 bidang dengan jumlah 351 sertipikat.

Keenam, bertempat di Kantor Kelurahan Rogomulyo menyerahkan Prona Desa Rogomulyo sebanyak 300 bidang, Prona Desa Regunung sebanyak 43 bidang dengan jumlah 343 sertipikat.

Diliput oleh: admin  Foto Terkait     Video Terkait


12 September 2014 | 10:30
KEGIATAN PASCA LEGALISASI ASET BERSAMA KUNJUNGAN BAPAK KAKANWIL BPN PROV JATENG
  

 

TENGARAN,– Badan Pertanahan Nasional (BPN) mendampingi para petani untuk mengembangkan usaha pertanian mereka. Hal itu sebagai bagian dari program reformasi agraria di antarnya turut peduli untuk mensejahterakan masyarakat. Hal itu disampaikan Kepala Wilayah BPN Jateng Ronny Kusuma Yudistiro saat memberi arahan dan pendampingan kepada gabungan kelompok tani tanaman obat di Desa Regunung Tengaran, kemarin (10/9). 


Terlihat hadir kepala kantor BPN Kabupaten Semarang Djoko Suprapto, dan Kabid P2M BPN Jateng Raharjo Sanyoto. Pendampingan kelompok tani lainnya yaitu klaster sapi perah, klaster sapi potong, dan klaster padi organik di sejumlah tempat di Kabupaten Semarang. 


“Intinya bahwa program BPN paska legalisasi aset, itu perlu didorong manfaat positif untuk kesejahteraan masyarakat. Misalnya setelah terbit sertifikat tanah, masyarakat bisa menggunakan sertifikat itu untuk pinjaman modal di bank,” kata Ronny. 


Menurut Ronny, produk dari BPN adalah sertifikat tanah. Meski begitu, setelah terbit sertifikat itu, BPN mendorong agar sertifikat ini bermanfaat. BPN turut membina dalam rangka pemberdayaan masyarakat itu sendiri. 
Dalam hal ini BPN bisa menjadi fasilitator atau penghubung antara petani dan pihak instansi terkait seperti bank dan juga perusahaan. 


“Saya melihat dari hasil diskusi dengan para petani, banyak usaha yang dilakukan dengan modal menggadaikan sertifikat tanah ternyata cukup berhasil. Hanya beberapa kendala seperti pemasaran produk dan juga meminta cicilan diperingan. Itu semua bisa dibicarakan nanti. BPN akan berupaya menjadi fasilitator,” kata mantan Kepala Wilayah BPN Sumatera Utara ini.


Dikatakan Ronny, pihaknya memerintahkan kepada kepala kentor BPN di Jateng untuk mengontrol sertifikat yang dikeluarkan agar memberi manfaat. Ini wujud kepedulian BPN untuk kesejahteraan rakyat. 


“Kami mendorong masyarakat juga untuk segera mensertifikatkan tanahnya. Sebab dengan sertifikat itu bisa bermanfaat untuk kesejahteraan di antaranya pinjaman modal untuk pemberdayaan masyarakat itu sendiri,” katanya.
 
 

Diliput oleh: admin  Foto Terkait     Video Terkait