Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang -

Kabupaten Semarang

Berita

17 March 2014 | 11:56
Wajah Baru Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang
  Wajah Baru Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang pada tahun 2014 dan kegiatan-kegiatan nya maupun program-program strategis yang dilaksanakan pada Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang

Diliput oleh: admin  Foto Terkait   


30 July 2013 | 11:14
PENYERAHAN SERTIPIKAT TANAH PRODA OLEH BUPATI SEMARANG DI DESA WIROGOMO KEC. BANYUBIRU

Pada hari Senin tanggal 29 juli 2013 tepatnya di desa wirogomo kecamatan banyubiru, telah dilaksanakan kegiatan penyerahan sertipikat proda tanah kawasan lindung di luar hutan serta sawah lestari oleh Bapak Bupati Semarang, yang dihadiri juga oleh Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Semarang, Bapak Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang, Bapak Kepala Bappeda, Bapak Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Semarang dan para tamu undangan lainnya dan warga desa wirogomo yang menerima sertipikat.

Diliput oleh: Admin  Foto Terkait   


22 April 2013 | 09:48
MEMPERINGATI HARI RA. KARTINI, TGL 21 APRIL 2013

Dalam rangka memperingati hari Kartini yang jatuh pada Hari Minggu, tanggal 21 April 2013 maka segenap Karyawati Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang pada hari pertama masuk kerja, Hari Senin tanggal 22 April 2013 ikut memperingati Hari Kartini dengan cara memakai Pakaian Kebaya yaitu Pakaian Adat Jawa Tengah. Yang mana kita ketahui bahwa RA. KARTINI adalah pencetus lahirnya Emansipasi Wanita dengan perjuangan beliau yang mengangkat derajat kaum wanita sama sejajar dengan kaum laki-laki dengan Pendidikan yang Tinggi juga Hak para Kaum Wanita.

Diliput oleh: Admin    


22 April 2013 | 09:26
RAPAT PANITIA PERTIMBANGAN LANDREFORM DALAM RANGKA KEGIATAN REDISTRIBUSI TANAH


Pada Hari Kamis, tanggal 11 April 2013 Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang menggelar Rapat Panitia Pertimbangan Landreform dalam rangka kagiatan redistribusi tanah obyek landreform. Rapat dihadiri oleh pegawai Pemerintah Daerah Kabupaten Semarang bagian Tata Pemerintahan dan juga para Kepala Desa yang ada di Kabupaten Semarang. Rapat dibuka oleh Bapak BAMBANG PRIONO, SH., MH selaku Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang. Adapun beberapa hal yang disampaikan yaitu :

Dalam rangka untuk menjalankan Kebijakan Reforma Agraria di Kabupaten Semarang, Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang berupaya untuk menata hubungan antara masyarakat dan tanah dengan kata lain menata kembali penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah yang berkeadilan. Sehingga tercapai penguatan hak rakyat atas tanah (asset reform) untuk menuju penguasaan dan pemilikan tanah yang memberikan kepastian hak dan kepastian hukum atas tanah.

Pembaruan Agraria adalah Landreform (asset reform) plus akses reform, akses reform meliputi akses terhadap sumber-sumber keuangan, teknologi, pasar dan lain-lain. Pembaruan Agraria (Agraria Reform) yang salah satu kegiatan  utamanya adalah pembagian sumberdaya tanah (Land redistribution).

Untuk memenuhi hal tersebut diatas diperlukan kerjasama semua pihak yang berkepentingan (stake holders) : instansi pemerintah terkait : lembaga keuangan, lembaga swadaya masyarakat, dan organisasi petani. Untuk itu maka pelaksanaan Redistribusi Tanah Obyek Landreform di Desa Dadapayam Kecamatan Suruh, Desa Kadirejo Kecamatan Pabelan, Desa Pucung Kecamatan Bancak dan Desa Mluweh Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang perlu untuk segera dilaksanakan demi tercapainya peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat khususnya para petani penggarap.



Diliput oleh: Admin    


22 April 2013 | 08:38
PENYULUHAN REDISTRIBUSI TANAH OBYEK LANDREFORM DI KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2013
Penyuluhan Kegiatan Redistribusi Tanah Obyek Landreform dilaksanakan pada bulan Februari yaitu : 1. Desa Kadirejo Kec. Pebelan Kab. Semarang pada tanggal 20 Februari 2013, 2. Desa Pucung Kec. Bancak Kab. Semarang pada tanggal 21 Februari 2013, 3. Desa Dadapayam Kecamatan Suruh Kab. Semarang pada tanggal 26 Februari 2013, 4. Desa Mluweh Kec. Ungaran Timur Kab. Semarang pada tanggal 27 Februari 2013. Kegiatan Penyuluhan dihadiri warga setempat dan pengurus desa dan juga Tim Panitia dari Kantor Pertanahan Kab. Semarang yaitu Kasi Pemberdayaan, Kasi HTPT, Kasubsi Landreform dan Konsolidasi, Kasubsi Pengendalian, Kasubsi Pemberdayaan dan Tim yang lainnya.

Diliput oleh: Admin  Foto Terkait     Video Terkait


3 April 2013 | 18:58
Kegiatan Pengukuran dan Pendataan Yuridis Pengadaan Tanah Jalan TOL Ruas Bawen-Salatiga-Boyolali
Kegiatan pengukuran pengadaan tanah Jalan TOL Semarang – Solo merupakan kegiatan MP3EI (Master Plan Percepatan & Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia) yang merupakan program strategis & prioritas di Kabupaten Semarang. Kegiatan pengadaan tanah Jalan TOL Ruas Bawen – Salatiga – Boyolali seksi III sepanjang 49,8 Km terdiri dari 7 Kecamatan, 22 Desa sebanyak 2985 Bidang telah dilaksanakan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang

Diliput oleh: Admin Kantah Kab. Semarang