Kantor Pertanahan Kabupaten Gresik -

Kabupaten Gresik

Berita

16 February 2011 | 12:55
PENYULUHAN PRONA 2011
PENYULUHAN PRONA 2011
PENYULUHAN PRONA 2011

Diliput oleh: PRASETYO BPN    


29 October 2010 | 09:50
Konsep Dasar GPS RTK dalam menunjang JRSP (Jaringan Referensi Satelit Pertanahan)
Perkembangan teknologi penentuan posisi dengan satelit Global Navigation Satellite System (GNSS) memunculkan sistem pengadaan titik kontrol dasar moderen sebagai referensi penentuan posisi untuk pengukuran dan pemetaan yang bersifat aktif, terus menerus dan dapat diakses secara real time. Sistem titik kontrol moderen tersebut adalah CORS yang merupakan kependekan dari Continuosly Operating Reference Stations. Di berbagai negara, CORS telah berkembang pesat dan pemanfaatannya selain untuk titik kontrol/referensi yang bersifat aktif dalam survei pemetaan juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai aplikasi. Di berbagai institusi di Indonesia CORS juga telah mulai dikembangkan seperti misalnya di BPN-RI (Badan Pertanahan Nasional RI) dengan JRSP (Jaringan Referensi Satelit Pertanahan), di Bakosurtanal, di Teknik Geodesi dan Geomatika Fakultas Teknik UGM, dan di Teknik Geodesi dan Geomatika ITB. Teknologi sistem CORS ini relatif baru di Indonesia sehingga belum banyak dikenal oleh masyarakat termasuk masyarakat yang berkecimpung dalam survey pemetaan sekalipun. Dengan mulai berkembangnya CORS di Indonesia dan mulai ada beberapa institusi yang membangun dan mengembangkan sistem CORS, kiranya perlu dipikirkan bagaimana koordinasinya ? Juga perlu dipikirkan bagaimana caranya atau aturan mainnya kalau masyarakat pengguna survey pemetaan lain di luar institusi penyelenggara ingin menggunakan CORS yang sudah tersedia?. Di suatu perbincangan bersama beberapa praktisi Surveyor di berbagai Kantor Pertanahan dalam acara workshop dan Seminar Nasional tentang GNSS CORSatau yang lebih dikenal dengan GPS RTK Terbaru yang diselenggarakan Universitas Gajah Mada. Banyak praktisi yang mengeluhkan bahwa masih ada beberapa praktisi yang belum memahami konsep dasar dari GPS RTK, Bahkan ada yang belum pernah memegang alatnya sama sekali. Mungkin bagi mereka hal ini aneh, Sejak saat itu, saya bertekad untuk belajar mengenai GPS RTK, kebetulan di Kantor tergolong belum lengkap untuk seri GPS RTK ini, dan saya berniat untuk berbagi pengetahuan(mensharekannya) dalam bahasa yang mudah dicerna kepada rekan kantor pertanahan kab/kota.

Diliput oleh: By PRASETYO BPN GRESIK    


8 April 2010 | 16:03
50 TH BPN RI
50 TH BPN RI


Diliput oleh: Prasetyo bpn Gresik    


29 January 2010 | 12:13
UCAPA SELAMAT
Seluruh Karyawan dan Karyawati Kantor Pertanahan kabupaten Gresik mengucapkan Selamat atas Pelantikan Pejabat Eselon II di Lingkungan Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia oleh Bpk. Djoyo Winoto, PHD Kepala BPN RI pada tgl 27 Januari 2010

Diliput oleh: Prasetyo bpn Gresik    


8 January 2010 | 17:20
KELUARGA BESAR KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN GRESIK
 

Mengucapkan Selamat atas Pelantikan :
  1. Bapak H.GEDE ARYUDA, SH., sebagai Deputi Bidang Hak Tanah dan Pendaftaran Tanah;
  2. Bapak IRIANTO, sebagai Deputi Bidang Pengkajian dan Penanganan Sengketa dan Konflik Pertanahan.

Semoga Sukses Dalam Melaksanakan Tugas dan Senantiasa Mendapat Bimbingan serta Ridho Allah SWT.


Diliput oleh: Prasetyo bpn Gresik    


8 January 2010 | 17:08
BPN GRESIK TELAH MELAUNCHING PROGRAM KKP (KOMPUTERISASI KANTOR PERTANAHAN)
Gresik 4 Januari 2010
Mulai Tahun 2010 Kantor Pertanahan Kabupaten gresik telah sukses melakukan dan menggunakan Program KKP 2B ( Komputerisasi Kantor Pertanahan versi 2B ).


Diliput oleh: Prasetyo bpn Gresik