Kantor Pertanahan Kabupaten Sidoarjo -

Kabupaten Sidoarjo

Berita

25 November 2014 | 13:08
VEDIO
 
Original Video - More videos at TinyPic

Diliput oleh: -    


20 November 2014 | 14:16
Prona Desa Kupang
 
Meskipun Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia, Bpk. Drs. Ferry Mursyidan Baldan yang dijadwalkan datang ke Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Sidoarjo, Selasa (18/11) berhalangan hadir, acara penyerahan sertifikat melalui Program Nasional Agraria (PRONA)sebanyak 500 bidang tanah tetap berlangsung dengan lancar.

Pejabat Penyampai Informasi dan Dokumentasi (PPID) BPN Sidoarjo Ibu Lynda Nainggolan, SH. mendampingi Kepala kantor BPN Sidoarjo, Ir. Nandang Agus Taruna mengatakan, batalnya Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia ke Sidoarjo disebabkan karena agenda yang dilakukan Menteri Agraria sangat padat.

Tele conference antara Pak Kakan, Bupati Sidoarjo dengan Bapak Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia berlangsung cukup lancar. Dalam dialog antara warga dgn Pak Menteri masyarakat menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada jajaran BPN RI yang telah menyelesaikan Sertipikat bagi warga desa Kupang.

Sementara itu Pak Menteri juga menyampaikan apresiasi kepada Pak Kakan dan jajarannya, aparat desa Kupang, Bpk Bupati Sidoarjo dan masyarakat desa kupang yang telah bekerja sama dengan baik, bahu membahu menyelesaikan program Prona tsb.

Dalam kesempatan tersebut Bpk. Bupati Saiful Illah SH.MHum juga menyampaikan bahwa total tahun ini di Sidoarjo menerima sertifikat melalui program prona sebanyak 3.500 bidang,” ucapnya.

Sementara itu, dalam tele conference tersebut, dikatakan Pak Kakan, terbatasnya kuota dari pemerintah karena anggaran APBN yang juga terbatas membuat jajaran BPN di Sidoarjo fokus untuk menyelesaikan bidang tanah agar bisa disertifikasi di masing-masing wilkayah. "Program strategis lain yang juga dijalankan BPN untuk memberikan sertifikat gratis kepada masyarakat yakni sertifikat tanah nelayan dan sertifikat Usaha Kecil Menengah (UKM)," ujarnya.

Meski ada sejumlah kendala, kata Pak Kakan, dalam menjalankan salah satu program nasional itu baik kendala eksternal maupun internal tetapi setiap kendala dicarikan jalan keluar sehingga penyelesaian tercapai. Terpisah, Bupati Sidoarjo H.Saiful Ilah SH.MHum kepada 500warga Jabon menyampaikan masyarakat yang menerima sertifikat tanah ini, menyimpan atau memanfaatkannya dengan baik.

bpnsidoarjo's TELECONFRONCE album on Photobucket

Diliput oleh: -    


12 November 2014 | 14:39
PEMBINAAN KANTAH

Hari Senin, tgl. 10 November 2014 kemarin secara mendadak Bpk. Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Jawa Timur melakukan inspeksi di jajaran Kantor Pertanahan Kabupaten Sidoarjo. Sekitar pukul 10.15 WIB Bapak Kakanwil H. Mochtar, SH. MM. beserta para Kabid langsung melihat kondisi Front Office, Beliau secara langsung berdialog secara langsung dengan masyarakat dan menanyakan "bagaimana pelayanan petugas di Kantah Sidoarjo". Dari beberapa masyarakat yg diajak berdialog menyampaikan bahwa layanan petugas cukup memuaskan namun perlu untuk lebih ditingkatkan lagi. Kondisi ruang pelayanan yang terlalu sempit dan panasnya ruangan membuat sebagai pemohon merasa cukup gerah. Setelah dari Front Office Bapak Kakanwil juga berkenan melihat ruang warkah dan ke semua ruang Seksi Seksi. Berikut dokumentasi kegiatan dimaksud :
bpnsidoarjo's SIDAK album on Photobucket

Diliput oleh: -    


12 November 2014 | 13:57
PENYERAHAN SERTIPIKAT PRONA


Penyerahan Sertipikat Prona Desa Kedinding, Kec. Tarik kemarin Selasa, tgl. 11 November 2014 dilaksanakan di Balai Desa Kedinding, yang diikuti oleh seluruh masyarakat penerima program Prona tahun 2014. Acara tersebut juga diikuti oleh Bapak Kakanwil BPN Propinsi Jawa Timur, Bupati Sidoarjo dan Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Sidoarjo, sebanyak 620 bidang Sertipikat dibagikan kepada masyarakat. Dalam sambutannya Bapak Kakanwil berpesan agar merawat dan menjaga Sertipikat yang sudah diterima serta agar Sertipikat tsb bisa dijadikan sebagai modal usaha. Bupati Sidoarjo Bp. Saiful Illah, SH. menambahkan : "Ini merupakan komitmen bersama antara Pemerintah Daerah Kab. Sidoarjo dengan BPN Sidoarjo untuk memberikan legalisasi asset kepada masyarakat Sidoarjo. Sertipikat dapat meningkatkan nilai ekonomis tanah, tolong dijaga dan dirawat" pesan beliau. Secara bergilir produk Sertipikat Prona akan segera dibagikan di Desa-Desa yang lainnya.
bpnsidoarjo's Penyerahan prona album on Photobucket

Diliput oleh: -    


30 October 2014 | 13:55
PEMBINAAN PPAT
Bulan September kemarin diadakan pelantikan dan pembinaan PPAT sekaligus diadakan sosialisasi Program Online PPAT. Sebanyak 7 PPAT baru dilantik, pada kesempatan tersebut Bapak Ir. Nandang Agus Taruna selaku Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Sidoarjo menyatakan penting peran PPAT sebagai mitra kerja BPN. Peran penting tersebut khususnya dalam pembuatan Akta autentik yang dibuat oleh PPAT yang dijadikan dasar untuk pencatatan Sertipikat. Pada kesempatan tersebut juga dilakukan Sosialisasi PPAT online yang sudah dilaksanakan pada bulan September. PPAT diberikan kewenangan untuk melakukan entry data sendiri secara online. 
bpnsidoarjo's PPAT album on Photobucket

Diliput oleh: -    


17 July 2014 | 16:07
Kantor Pertanahan Kabupaten Sidoarjo dalam Berita Semester 1 Tahun 2014
Kantor Pertanahan Kabupaten Sidoarjo dalam Berita Semester 1 Tahun 2014


Diliput oleh: Lynda Nainggolan, SH  Foto Terkait