Kantor Pertanahan Kabupaten Sambas -

Kabupaten Sambas

Berita

25 May 2011 | 07:55
Pelayanan Rutin Kantor Pertanahan Kabupaten Sambas Meningkat
Jumlah pelayanan rutin Kantor Pertanahan Kabupaten Sambas terus meningkat dari waktu ke waktu. Permintaan masyarakat terhadap pelayanan pertanahan kian banyak, sehingga hal itu menuntut Kantor Pertanahan Kabupaten Sambas harus kerja ekstra.Jika sebelumnya pelayanan rutin di Kantor Pertanahan Kabupaten Sambas hanya 100 – 150, kali ini mengalami peningkatan tajam. Mencapai 500-600 pelayanan rutin. “Harus kami kerjakan itu, makanya sering lembur menyelesaikannya,” ujar Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Sambas Siswidodo, SH belum lama ini.
Ada beberapa indikator yang menyebabkan pelayanan rutin itu meningkat. Pertama, kata Sis, sapaan akrabnya, sebagai pertanda ekonomi masyarakat Sambas mengalami peningkatan. Kedua, ditambahkan dia, indikasi pelayanan BPN semakin membaik, sehingga masyarakat merasa puas dan percaya. “Kalau pelayanannya tidak baik, masyarakat enggan datang ke BPN,” tuturnya.Salah satu upaya peningkatan layanan mereka adalah dengan menyediakan loket pelayanan pertanahan di BPN Sambas sejak awal 2011. “Loket pelayanan pertanahan sebagaimana diatur pada Perkaban Nomor 3 Tahun 2010 merupakan upaya BPN RI dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan pertanahan sejalan dengan tuntutan reformasi birokrasi yang terus dikehendaki oleh rakyat,” katanya.
Siswidodo,SH mengatakan bahwa loket pertanahan ini juga merupakan tindak lanjut dari Perkaban Nomor 1 Tahun 2010 tentang Standar Pelayanan dan Pengaturan Pertanahan. Sehubungan dengan peraturan tersebut Kantor Pertanahan Kabupaten Sambas telah meningkatkan kualitas pelayanan dan membenahi loket pelayanan yang berfungsi memberikan pelayanan, informasi, administrasi, pengaduan, dan keuangan.Dalam pelayanan kepada masyarakat melalui loket pelayanan Kantor Pertanahan Kabupaten Sambas, mereka telah menerapkan sistem Komputerisasi Kantor Pertanahan (KKP) yang telah dilaksanakan dan berjalan sejak lama. ”Semoga dengan adanya loket pelayanan yang baru dibenahi ini dapat dan mampu memenuhi keinginan dan harapan masyarakat untuk memperoleh pelayanan publik,” harapnya.

Diliput oleh: mhusin    


14 April 2011 | 14:46
Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Sambas Lantik PPAT
Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Sambas Lantik PPAT
Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Sambas melantik PPAT Syukran, SH. Acara pelantikan dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 14 April 2011, bertempat di Aula Kantor Pertanahan Kabupaten Sambas. Selain dihadiri para pejabat dan staf Kantor Pertanahan Kabupaten Sambas, tampak pula hadir sejumlah PPAT. Dalam kata sambutannya, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Sambas berpesan kepada semua pihak yang terkait agar selalu menjalin koordinasi dan kerjasama yang sebaik-baiknya sesuai tugas pokok dan fungsi, tanggap dan responsif terhadap perkembangan peraturan yang relevan, segala akta-akta dibuat secara cermat, jujur, teliti, akurat, dan lengkap sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, serta tidak memberikan toleransi terhadap upaya rekayasa dan manipulasi dalam pembuatan akta, utamanya yang berkaitan dengan BPHTB. 
Selain itu secara khusus Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Sambas, Siswododo, SH berpesan kepada Syukran, SH yang baru saja dilantik untuk memenuhi segala kewajibannya sebagai PPAT.

Diliput oleh: mhusin    


13 April 2011 | 11:47
BPN Sambas Layani Pembuatan Sertipikat Keliling
BPN Sambas Layani Pembuatan Sertipikat Keliling
Kepala Badan Pertanahan Nasional Sambas, Siswidodo, mengungkapkan pada tahun ini akan mulai dioperasikan mobil layanan keliling. "Mobil keliling ini merupakan program Larasita atau Layanan Rakyat Untuk Sertifikat Tanah. Nantinya mobil keliling ini akan melayani pembuatan sertifikat tanah masyarakat," ujar Siswidodo, Selasa (12/4/2011).
Kakan BPN Sambas mengatakan sebenarnya dalam waktu dekat ini, mobil layanan keliling bisa dioperasikan namun masih menunggu alat akses satelit. "Mobilnya sudah ada sebanyak satu unit dan motor dua unit. Nanti kalau alat ini sudah datang maka sudah bisa dioperasikan," katanya.
Menurutnya, mobil ini akan melayani masyarakat 19 kecamatan yang ada di Sambas. "Penjadwalannya kita atur, namun sepekan sebelum kita ke lokasi, maka kita memberitahukan perangkat desa agar mereka menginformasikan kepada masyarakat bahwa mobil kami akan datang," katanya.

Diliput oleh: mhusin    


13 April 2011 | 11:45
Kantor Pertanahan Sambas Benahi Loket Pelayanan
Kantor Pertanahan Sambas Benahi Loket Pelayanan
Loket pelayanan pertanahan sebagaimana diatur pada Perkaban Nomor 3 Tahun 2010 adalah merupakan upaya BPN RI dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan pertanahan sejalan dengan tuntutan reformasi birokrasi yang terus dikehendaki oleh rakyat.
B
ahwa loket pertanahan ini juga merupakan tindak lanjut dari Perkaban Nomor 1 Tahun 2010 tentang Standar Pelayanan dan Pengaturan Pertanahan. Sehubungan dengan peraturan tersebut Kantor Pertanahan Kabupaten Sambas telah meningkatkan kualitas pelayanan dan membenahi loket pelayanan yang berfungsi memberikan pelayanan: informasi, administrasi, pengaduan dan keuangan.
D
alam pelayanan kepada masyarakat melalui loket pelayanan Kantor Pertanahan Kabupaten Sambas telah menerapkan Sistem Komputerisasi Kantor Pertanahan (KKP) yang telah dilaksanakan dan berjalan sejak awal tahun 2011, dimana peralatan komputer tersebut merupakan bantuan BPN Pusat. "Semoga dengan adanya loket pelayanan yang baru dibenahi ini dapat dan mampu memenuhi keinginan dan harapan masyarakat untuk memperoleh pelayanan publik", sebagaimana diungkapkan oleh Kasubbag Tata Usaha Kantah Sambas Iskandar, SH.

Diliput oleh: mhusin    


6 April 2011 | 19:25
bpnsambas.blogspot.com



Diliput oleh: mhusin    


30 March 2011 | 07:24
Penunjukan Lokasi Kecamatan Pelaksanaan Prona di Kabupaten Sambas Tahun 2011
Penunjukan Lokasi Kecamatan Pelaksanaan Prona di Kabupaten Sambas Tahun 2011
Berdasarkan Surat Keputusan Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Kalimantan Barat Nomor 27/Kep-61/I/2011 Tanggal 10 Januari 2011 tentang Penunjukan Lokasi Kecamatan Pelaksanaan Kegiatan Percepatan Pendaftaran Tanah (PRONA) Pada Kantor Pertanahan se-Kalimantan Barat Tahun Anggaran 2011. Dalam melaksanakan Kegiatan Percepatan Pendaftaran Tanah (PRONA), Kantor Pertanahan Kabupaten Sambas mendapat target sebanyak 1.700 bidang yang tersebar di 12 kecamatan se-Kabupaten Sambas.

Diliput oleh: mhusin